JAYAPURA (PT) – Selama enam hari, Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute (TYI) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan mengunjungi kawasan Timur Indonesia. AHY dijadwalkan ke Kota Jayapura, Provinsi Papua kemudian Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, Ambon, Maluku hingga Ternate, Maluku Utara mulai Senin, 21 Januari 2018.

Di Jayapura, AHY akan memberikan kuliah umum bagi mahasiswa Universitas Cendrawasih. AHY juga akan meninjau Gerakan Donor Darah Mahasiswa yang diselenggarakan oleh AHY Foundation bekerjasama dengan PMI Jayapura. Setelahnya, AHY direncanakan mengunjungi Pasar Mama-Mama Papua.

Sementara di Kota Nona Manise, Ambon, AHY akan memenuhi undangan kuliah umum di Aula Universitas Pattimura. Selain menyapa masyarakat di kota-kota tersebut, AHY juga akan bersilaturahmi dengan rekan-rekan media dan organisasi kepemudaan setempat.

Seperti kunjungannya ke daerah-daerah lain, AHY akan menanam bibit-bibit pohon di sejumlah tempat. Tradisi menanam pohon ini bertujuan menumbuhkan kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan, yang juga merupakan salah satu program AHY Foundation, Sahabat Bumi.

Aksi ini telah dilakukan AHY dalam kunjungannya di Pekanbaru, Riau dan Aceh bersama masyarakat dan para generasi muda setempat.

Secara terpisah, Ketua Panpel Provinsi Papua Vinsensius Lokobal, SSI, MH menjelaskan, AHY akan memberikan kuliah umum tentang kepemimpinan dan manajemen di Aula Fakultas Teknik Uncen.

Selain itu, akan melakukan silaturahim sekaligus jamuan makan malam bersama Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH kemudian tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan  Organisasi Kepemudaan (OKP) di Gedung Negara, Dok V Jayapura.

Keesokan harinya, Selasa (23/1/2018), AHY akan menggelar dialog dan diskusi  bersama siswa-siswi di SD YPPK Bonaventura, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Selanjunya, AHY akan ke Bandara Sentani, untuk melanjutkan kunjungan ke Sorong, Provinsi Papua Barat dan Provinsi Maluku.

“AHY sebagai tokoh muda yang makin populer baik di kancah nasional maupun internasional hadir memberikan spirit kepada generasi muda Papua, untuk melihat situasi dan dinamika serta masa depan Papua yang lebih baik,” terangnya.

Terpisah, Rektor Uncen, Apolo Safanpo mengungkapkan, kehadiran AHY di Uncen adalah dalam kapasitas beliau sebagai Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute.

Kemudian hadir dalam rangka memberi kuliah umum kepada mahasiswa dengan tema membangun generasi emas di Tanah Papua.

“Kami harapkan beliau dapat membagikan ilmu dan pengalaman beliau kepada mahasiswa kami, bagaimana generasi muda Papua mempersiapkan diri dengan baik,  guna meraih masa depan  yang lebih baik,” tuturnya. (ist/rm)

LEAVE A REPLY