JAYAPURA (PT) – Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, TEA. Hery Dosinaen, S.IP, MKP mengatakan, masalah financial yang dialami klub Persipura Jayapura menjadi perhatian dari Pemerintah Provinsi Papua.

Oleh sebab itu, pihaknya berharap manajemen Persipura bisa datang dan bertemu dengan Gubernur sehingga pemerintah bisa mengambil langkah-langkah untuk mendukung Persipura berlaga di kompetisi Liga I tahun 2018.

“Gubernur adalah pimpinan tertinggi di Papua, dan tidak akan menutup mata dengan kondisi yang dialami oleh Persipura. Kita bisa mencari solusi dan jalan keluar untuk membantu Persipura saat ini,” ujar Sekda kepada waratwan di Kantor Gubernur.

Sekda menyatakan, Persipura Jayapura adalah klub yang sudah mengangkat harkat dan martabat orang Papua melalui olahraga sepak bola, oleh karena itu, walaupun undang-undang sudah melarang penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk sepak bola profesional, tapi pihaknya bisa mencari jalan lain untuk membantu tim Persipura.

Sekda berharap, manajemen Persipura dibawah kepemimpinan Benhur Tomi Mano dan manajer Rudi Maswi bisa datang bertemu dengan Gubernur dan melaporkan kondisi yang dialami klub Persipura.

“Ya, saya harap, manajemen Persipura bisa datang dan duduk bicara dengan gubernur, pemerintah pasti bisa mencari jalan keluar untuk membantu Persipura,” katanya.

Ditempat terpisah, Ketua Umum Persipura Jayapura Benhur Tomi Mano, menyambut baik saran yang disampaikan oleh Sekda Papua. Sehingga manajemen dalam waktu dekat akan melakukan pertemuan dengan Gubernur.

Hanya saja, Pemerintah Provinsi Papua tidak bisa membantu melalui dana ABPD, karena itu sudah ada larangan bantuan dari pemerintah kepada klub profesional.

“Kalau dukungan dalam bentuk yang lain bisa saja, tapi kalau mau dipakai APBD jelas tidak bisa, dan banyak bupati-bupati ingin membantu Persipura tapi kita tidak mau uangnya dari ABPD,” tegasnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY