*Terkait Komitmen Pemkab Jayapura Dalam Memberantas Miras*

SENTANI – Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH memberikan apresi yang tak terhingga kepada Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si yang dinilai menjaga komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura memberantas peredaraan, penjualan dan komsumsi Minuman Keras (Miras) di daerahnya.

“Apa yang dilakukan oleh Bupati Jayapura harus di contohi oleh semua bupati dan wali kota di Papua. Komitmen berantas Miras demi pembangun manusia Papua yang bermartabat bebas Miras,” ujar Gubernur Papua dalam sambutannya saat menghadri Ibadah Syukur Tutup Tahun 2017 Kabupaten Jayapura di Sentani, Sabtu (3/2) pekan kemarin.

Menurutnya, Papua hingga sampai saat ini masih bergumul dengan persoalan Minuman Keras (Miras). Pemerintah Daerah berjuang mengatasi persoalan tersebut tetapi masih saja di temukan peredaraan, penjualan dan komsumsi miras.

Dikatakan, Pemerintah Provinsi Papua telah mengeluarkan peraturan tetapi sepanjang itupula peraturan itu tidak mampu mengatasi masalah Miras. Sehingga perlu adanya dukungan dari setiap bupati dan wali kota memberantas miras seperti yang di lakukan oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw.

“Hal luar biasa yang kita temui dari komitmen Pemerintah Kabupaten Jayapura adalah di kembalikannya satu kontener berisi minuman keras berbagai jenis ke pabriknya di Surabaya. Tindakan yang beresiko tetapi tetap dijalankan bupati, inilah pemimpin yang peduli rakyat,” sebut Enembe.

Ditambahkan, kedepan Pemerintah Provinsi Papua akan berjuang mewujudkan komitmen Papua bebas Miras. Untuk itu, semua pihak diminta untuk memberikan dukungan kepada pemerintah supaya Miras yang sering menjadi pembawa petaka bagi masyarakat dapat teratasi.

Di tempat terpisah, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si menandaskan bahwa Miras adalah musuh bersama, baik Pemerintah maupun masyarakat sehingga perlu di perangi secara bersama demi menjadikan Tanah Papua sebagai tanah bebas Miras.

“Kami juga berharap supaya semua pihak di Papua memberikan dukungan kepada Pemerintah Provinsi Papua dalam rangkah memberantas Miras. Dengan demikian, pembangunan manusia Papua tanpa Miras menjadi nyata di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat di daerah ini,” tukasnya.

Ditambahkan, untuk komitmen Kabupaten Jayapura bebas Miras tetap akan di kerjakan, walau untuk mengcapai hasilnya tidak semuda membalikan telapak tangan tetapi upaya terus di lakukan hingga benar-benar terwujud. (rm)

LEAVE A REPLY