TOLIKARA (PT) – Diawal kepemimpinannya, Bupati Tolikara, Usman G Wanimbo,  SE, M.Si bersama sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Tolilara melakukan kunjungan kerja (Kunker) di tiga Distrik sekaligus.

Ketiga distrik tersebut masing-masing Distrik Umagi, Ndundu dan Distrik Kembu atau Mamit.

Meskipun, medan yang berat karena topografi Kabupaten Tolikara bergunung-gunung dengan kemiringan gunung yang terjal ditambah dengan cuaca sering berubah-ubah terutama di waktu menjelang sore, namun tidak menyurutkan niat Bupati Usman untuk mendekatkan diri kepada masyarakat.

Untuk itu, diawal kunjungannya ini, Bupati Tolikara sebagai anak asli Tolikara tentu sangat paham kondisi topografi itu, sehingga dengan keterpanggilan hati, Bupati Usman siap melayani masyarakat kapan saja dan dimana saja.

Bupati Usman Wanimbo didampingi Kapolres Tolikara, AKBP. Mada Indra dan Dandim 1702/JWY, Letkol. Inf. Lukas Tandirura dan Wakil Ketua I DPRD Tolikara, Epius Obama Tabo, S.Sos juga ikut turun lapangan mendampingi Bupati dengan mengunakan jasa transportasi darat dari Karubaga ke Distrik Umagi, setelah nginap semalam di Umagi, lalu pagi harinya rombongan lanjutkan perjalanan ke Distrik Ndundu dengan menggunakan jasa penerbangan pesawat AMA.

Dalam kunjungan itu, Bupati Usman Wanimbo mengunjungi SD Inpres Gatini dan SMP Gatini Distrik Umagi guna melihat lebih dekat perkembangan sekolah itu.

Setelah melihat kondisi Distrik Umagi, Bupati Usman langsung mengelar pertemuan dengan anak-anak SD dan SMP di sekolah serta sejumlah guru.

Namun dalam pertemuan itu, Bupati Usman mengetahui, jika siswa SD Gutini sangat memprihatinkan dan sudah satu tahun lebih tidak ada aktivitas belajar mengajar, lantaran guru-gurunya tidak pernah ditempat.

Pada kesempatan itu, siswa SMP Distrik Umagi memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati Usman Wanimbo dengan di gulirkannya sekolah-sekolah unggulan juga menempatkan guru-guru kontrak dari Yayasan Petra dan Yayasan Pelangi di seluruh Tolikara termasuk di SD inpres Umagi dan SMP Umagi.

“Kendala lain yang dihadapi anak SD dan SMP ini adalah guru-guru putra daerah yang sering meninggalkan tugas bahkan pergi ke kota berhari-hari bahkan berminggu-minggu tanpa alasan yang tidak jelas. Sehingga belajar mengajar tidak berjalan sebagaimana biasanya,” ungkap kata Bupati Usman disela-sela kunkernya.

Untuk itu, Bupati Usman Wanimbo berkomitmen akan memberikan warning atau peringatan keras kepada beberapa guru yang selalu meninggalkan tugasnya.

“Sangsi yang akan diberikan berupa penahanan gaji hingga pemberhentian karena semua sangsi itu sesuai dengan aturan kepegawaian, ” tegas Bupati Usman.

Selain itu, Bupati Usman Wanimbo juga mengunjungi Puskesmas setempat dengan melakukan pengobatan masal mulai dari pemberian vaksin kepada anak-anak dengan pemberian vitamin A biru dan vitamin A merah dan juga diberikan obat cacing dan  pengobatan umum lainnya yang dilayani oleh tim tenaga kesehatan dari RSUD Tolikara yang ikut dalam rombongan itu.

Bupati Usman Wanimbo juga melihat pelayanan kesehatan setempat, kemudian langsung melakukan pertemuan dengan tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas itu.

“Tenaga kesehatan memberikan data bahwa penyakit yang paling dominan di kelukan dan diobati masyarakat Umagi dan Gundagi adalah penyakit infeksi dan penyakit ISPA,” jelasnya.

Karena itu, kedepannya, Bupati Usman Wanimbo akan berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat, selain dengan hidup bersih dan perumahan sosial dengan bentuk honai modern bervariatif terus akan di tingkatkan di seluruh Kabupaten Tolikara.

Usai kunjungan ke sejumlah pusat pelayanan umum, Bupati Usman Wanimbo mengelar pertemuan besar dengan masyarakat Distrik Umagi dan juga masyarakat Distrik Gundagi yang saat itu ikut bergabung di Halaman Kantor Klasis GIDI Umagi di Distrik Umagi.

Dalam pertemuan itu, Bupati Usman dan Kapolres Tolikara kemudian Wakil Ketua I serta masing-masing kepala OPD menyampaikan semua program prioritas pembangunan Infrastruktur sosial dan infrastruktur fisik yang akan di gulirkannya dalam lima tahun kedepan.

“Tujuan kunjungan kerja kami ke tiga  Distrik ini, yakni Distrik Umagi, Distrik Ndundu serta Distrik Kembu adalah untuk menyampaikan atau mensosialisasikan apa yang akan dilakukan Pemerintah Tolikara dibawah kepemimpinan Bupati Usman–Dinus selama 5 (lima) tahun 2017-2022 kedepan sesuai dengan Visi dan Misi yang sudah tertuang didalam RPJMD dengan Visi yakni Terwujudnya Kabupaten Tolikara yang Maju, Mandiri,dan Unggul,” tandasnya. (ara/rm)

LEAVE A REPLY