TOLIKARA (PT) – Guna mewujudkan pemerintahan yang profesional, bersih dan akuntabel Good Governance, para pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Tolikara diminta tingkatkan kualitas administrasi pemerintahan dan kwalitas Sumber Daya Manusia (SDM) ASN.

Hal tersebut ditegaskan,   Bupati Tolikara, Usman G. Wanimbo, SE,M.Si saat memimpin apel pagi di Halaman Kantor Bupati Tolikara di Karubaga, Senin (19/2/18).

Menurut Bupati Usman G. Wanimbo bahwa masing-masing OPD kinerjanya bisa ditingkatkan apabila pimpinan OPD menata pengelolaan administrasi pemerintahan secara rapi dan profesional serta ditunjang dengan kwalitas SDM yang berkompeten.

Untuk itu, para pimpinan OPD harus mendorong stafnya untuk meningkatkan tata kelola administrasi pemerintahan dan tingkatkan SDM ASN.

“Kami telah menerima penghargaan sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Papua yang memiliki kinerja pelayanan dibidang pemerintahan publik dan kesehatan yang baik. Karena itu, kami harap para kepala OPD harus selalu berada di tempat kerja atau kantor, ” tegasnya.

Selain itu, lanjut Bupati Usman, para pimpinan OPD juga diminta harus selalu berada di tempat.

“Jika ada urusan dinas keluar harus mengutus Kepala Bidang atau staf sesuai dengan tupoksi yang membidanginya. Jadi tidak harus pimpinan OPD yang keluar,” tekannya.

Apalagi, kata Bupati Usman, jika pimpinan OPD yang belum merampungkan SPJ tahun 2017, maka diminta segera merampungkan SPJ 2017.

“Karena BPK RI Perwakilan Provinsi Papua sudah berada di Karubaga, Tolikara untuk memeriksa keuangan,” jelasnya.

Bupati Usman Wanimbo menambahkan, para pimpinan OPD sebagai pengguna anggaran bersama bendahara rutin harus selalu berada di tempat.

“Karena setiap saat bisa saja dipanggil terkait pelaksanaan semua pekerjaan di OPD terkait,” tandasnya. (ara/rm)

LEAVE A REPLY