TOLIKARA (PT) – Wakil Bupati Tolikara, Dinus Wanimbo, SH melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di sejumlah OPD di Kota Karubaga, Kabupaten Tolikara.

Dalam sidak kali ini, Wabup Dinus mengaku kesal lantaran sejumlah pimpinan OPD dan perangkatnya tidak  ditempat, sehingga tidak ada aktivitas di perkantoran

Bahkan pintu kantor tersebut masih dalam keadaan terkunci padahal masih jam kerja.

“Ini adalah hari kerja pertama di bulan Februari 2018. Sebelumnya kami telah fokus pada kegiatan gereja dalam rangka menyambut HUT GIDI. Sehingga pada hari ini Bupati dan Wakil Bupati serta Asisten I, kami melakukan pembagian tugas untuk melaksanakan inspeksi mendadak (Sidak) di setiap OPD,” terang Wabup Dinus.

Dikatakan, pihalnya baru saja melakukan sidak di Dinas PU dan disana hanya ada beberapa pegawai saja yang hadir, bahkan para pejabat eselon belum ada ditempat. Hanya ada
Sekretaris PU yang sedang melaksanakan tugas.

“Sekarang ini sudah pukul 10.30 WIT, tapi belum nampak ada pegawai  yang datang. Jadi saya lanjutkan sidak di Dinas Sosial, tapi sama saja karena pintu kantornya malah dalam keadaan masih terkunci,” kesal Wabup.

Diakuinya, kalau dirinya turun langsung untuk kroscek para PNS yang tidak masuk terutama pada para pemegang jabatan.

“Jadi Kepala Bidang dan pejabat eselon IV yang tidak melaksanakan tugasnya segera memberikan catatan supaya kami akan evaluasi dalam penyusunan kabinet baru,” bebernya.

Namun, Wakil Bupati Dinus Wanimbo, merasa khawatir dengam kondisi tersebut, ini menandakan kinerja para SKPD yang sangat buruk.

“Jika kondisinya seperti ini terus, maka sangat di sayangkan dan memprihatinkan bagi generasi bangsa, ” ujarnya.

Wakil Bupati Dimus menambahkan, ini harus menjadi perhatian penuh dan ini juga menjadi catatan penting, bahwa inilah contoh penting SKPD yang paling buruk.

“Ini harus menjadi perhatian dan ini juga akan menjadi catatan, bahwa ini adalah contoh SKPD yang paling buruk seperti ini,” ketusnya.

Apalagi, lanjut Dinus, seharusnya pimpinan daerah ini harus di tempat dan melaksanakan tugasnya sebagai pimpinan, bukan malah berlama-lama di luar.

“Kami ada ditempat sampai hari ini, tapi Dinas Sosial tidak melaksanakan tugasnya juga tidak buka kantor seperti biasa. Ini menjadi evaluasi yang sangat penting dalam penyusunan kabinet,” imbuhnya.

Untuk itu, tambah Wabup Dinus, pihaknya akan memberikan sanksinya, karena ini akan menjadi bahan evaluasi dalam penyusunan kabinet.

“Ini sudah kinerja yang sangat buruk, salah satunya di Dinas Sosial,” tandas Wakil Bupati Dinus.

Usai melakukan sidak di kantor Perhubungan dan Dinas Sosial, lalu kemudian dilanjutkan ke kantor dinas lainnya.

“Memang masih banyak PNS yang masih nuntut-nuntut,  jadi kalau tidak bersedia untuk melaksanakan sesuai dengan tugas yang diberikan, jabatan yang diberikan agar segera di sampaikan kepada pimpinan, ” tutup Dinus. (ara/rm)

LEAVE A REPLY