JAYAPURA (PT) – Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE, MM secara resmi melantik Wakil Bupati Keerom, Muh. Markum menjadi Bupati Kabupaten Keerom, sisa masa jabatan tahun 2016-2021 menggantikan Almarhum Bupati Keerom Celcius Watae yang meninggal bulan Januari 2018 lalu.

Pelantikan berlangsung di Gedung Negara, Selasa (20/2/2018) dihadiri Forkompimda Papua, Forkompimda dan SKPD dilingkungan Pemkab Keerom, Anggota DPRD Keerom.

Wagub Klemen Tinal dalam sambutan mengatakan, dalam konteks Pembangunan Papua, Kabupaten Keerom sangat strategis di kawasan Mamta.

Oleh karena itu, Bupati dapat bersinergi dengan semua stake holder di Kabupaten Keerom sehingga dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat di Keerom.

“Saya percaya dengan kerja keras Bupati yang baru dilantik dapat mewujudkan masyarakat Kabupaten Keerom yang Bangkit, Mandiri dan Sejahtera,” ujar Wagub.

Wagub Klemen juga berpesan kepada Bupati Markum agar dapat melaksanakan tugas
yang telah diembankan dengan baik.

Hal itu, menurut Wagub Klemen tentu sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 yang dirubah dengan Undang Undang Nomor 9 Tentang Pemerintahan Daerah, menjelaskan khusus tentang tugas dan wewenang kepada daerah yang diatur dalam pasal 65 menyebutkan bahwa kepala daerah mempunyai tugas memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah yang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan dan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD, menyusun dan mengajukan Rancangan Perda tentang RPJPD, RMJMD dan menetapkan RKPD.

Wagub juga menyampaikan pesan kepada Bupati untuk mendukung penuh Perdasi Nomor 15 Tahun 2013 tentang pelarangan produksi, pengedaran dan penjualan minuman keras dan membentuk tim pengawasan gabungan tetap di pintu masuk kabupaten keerom dalam rangka memproteksi rakyat Papua dan lebih khusus masyarakat Keerom.

“Selain itu, kata Wagub, Papua juga akan menjadi tuan rumah PON ke XX tahun 2020. Saya berharap agar Kabupaten Keerom sebagai daerah penyangga penyelenggaraan di wilayah Mamta dapat mendukung dengan mempersiapkan para atlet guba menyukseskan kegiatan tersebut,” terangnya.

Mengakhiri sambutannya, Wagub menyampaikan terima kasih kepada Kapolres, Dandim, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat dan Tokoh  Perempuan yang telah memberikan kontribusi positif kepada pemerintah sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan keamanan di Kabupaten Keerom dapat berjalan dengan baik. (ing/rm)

LEAVE A REPLY