TOLIKARA (PT) – Wakil Ketua I DPRD Tolikara, Epius Obama Tabo, S,Sos menilai bahwa pengawasan adalah salah satu tugas pokok DPRD sebagai lembanga legislative untuk mengawasi semua kebijakan pemerintah daerah.

“Apakah semua kebijakan pemerintah daerah itu sudah sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati pada lima tahun kedepan atau tidak. Karena, apabila sebuah kebijakan tidak sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati pada lima tahun, maka lembanga legislatif tentu akan mempertanyakannya,” ungkap Elpius Obama Tabo saat kunjungan kerja bersama Bupati Tolikara, Usman G Wanimbo, SE, M.Si.

Meskipun demikian, ia mengaku bangga dengan kekayaan alam Tolikara yang sangat melimpah terutama di Distrik Ndundu.

“Seluruh wilayahnya melimpah dengan sumber daya alam seperti tambang emas, buah-buahan dan wisata alam yang belum diketahui masyarakat luas,” terangnya.

Untuk itu, ia berharap Pemkab Tolikara segera membuka jalan darat untuk menghubungkan dari Distrik Umagi menuju Distrik Ndundu

“Dengan dibukanya akses jalan darat itu, maka tentu akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat,” imbuhnya.

Ia menambahkan, Distrik Ndundu adalah salah satu distrik yang berada di wilayah Tolikara bagian utara dengan kondisi cuaca mirip dengan dataran rendah di daerah Wary dan Egiam.

“Karena itu menurut pengamatan kami, daerah ini sangat cocok untuk mengembangkan selain pertanian juga pariwisata karena daerah Ndundu memiliki sejumlah air terjun yang jarang dijumpai di wilayah lain di Tolikara,”¬†bebernya.

Pihaknya berharap, Bupati bersama Wakil Bupati Tolikara dapat memprioritaskan pembangunan jalan darat dari Distrik Umagi sampai ke Distrik Ndundu.

Apalagi, lanjutnya, akses jalan darat ini menjadi keluhan masyarakat yang sangat mendesak.

“Kami mendesak Bupati Usman harus memberikan perhatian penuh di daerah ini. Karena dengan membuka akses jalan darat, maka dapat meningkatkan fasilitas hidup bersih dan fasilitas umum lainnya serta roda perekonomian dapat berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (ara/rm)

LEAVE A REPLY