JAYAPURA (PT) – Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM melalui Plh. Sekda, M Nurjainuddin Konu, MKP meresmikan proyek ruas jalan Kodam Lama menuju Kodam Baru yang dikelola Dinas Pekerjaan Umum Kota Jayapura.

Dalam sambutannya, Wali Kota mengatakan, Kota Jayapura memiliki perkembangan yang pesat dibarengi pertumbuhan penduduk, serta pertumbuhan ekonomi sebesar 8,2%.

Bahkan ekonomi masyarakat yang semakin berkembang turut dipengaruhi fasilitas infrastruktur untuk mobilisasi, termasuk pengunaan kendaraan yang terus bertambah yang harus dibarengi perkembangan jalan.

Senada dengan itu, Panglima Kodam XVII/Cenderaeasih yang diwakilkan Pabandya Jaslog, Letkol CZI. Ryke Anaxi M mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Jayapura atas terwujudnya pembangunan peningkatan infrastruktur.

“Jalan alternatif ini biasa digunakan prajurit kodam untuk melaksanakan dinas, juga masyarakat Kota Jayapura secara umum, dinamika pembangunan akhirnya menghasilkan jalan yang bisa dilalui dengan lancar. Namun perlu ditambahkan marka jalan agar para pengguna jalan lebih nyaman dan dirampungkan beberapa bagian agar terlihat lebih tertata,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR dan KP Kota Jayapura, Nofdi J Rampi, S.Sos, MM dalam laporannya mengatakan bahwa proyek perbaikan infrastruktur jalan Kodam Lama-Kodam Baru yang menelan biaya konstruksi sebesar Rp 9,55 miliar, dengan biaya pengawasan sebesar Rp 240.351.000, dibebankan dari DAK dan DAU Pemkot Jayapura TA 2017.

Sedangkan DAU untuk pekerjaan konsultan perencanaan sebesar Rp 200 juta. Kemudian, pelelangan pekerjaan perencanaan dilakukan oleh Kelompok Kerja Kantor Layanan Pekerjaan (Pokja KLP) Kota Jayapura, dengan pemenang lelang PT Furiatama Consultant senilai Rp 187.000.000.

Dan Ruas jalan Kodam Baru-Kodam Lama merupakan jalan penghubung ke pusat kota dengan rata-rata hanya memiliki lebar 4 meter, sehingga sangat sempit dan berbahaya ketika kendaraan saling berpapasan, atas izin Pangdam XVII Cenderawasih maka pelebaran jalan ini bisa terimplementasi.

Sekedar diketahui bahwa peresmian di tandai dengan penandatanganan prasasti jalan secara simbolis oleh Plh Setda Kota Jayapura. (ri/rm)

LEAVE A REPLY