JAYAPURA (PT) – Cabang Olahraga yang nantinya diperlombakan dalam Pekan Olahraga Nasional XX Tahun 2020 di Papua sebanyak 38 cabang olahraga.

Sekretaris Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON), Yusuf Yambe Yabdi secara resmi menyerahkan buku panduan bidang pertandingan 38 cabang olahraga kepada Ketua PB PON, Lukas Enembe, S.IP, MH, Kamis (22/2/2018).

Kepada wartawan, Lukas Enembe mengatakan, cabang olahraga yang dilombakan pada PON XX akan disampaikan kepada KONI Provinsi Se- Indonesia, sehingga mereka bisa mempersiapkan para atlet untuk mengikuti pemusatan latihan.

“Buku panduan cabor yang sudah dijabarkan lengkap dengan lokasi pertandingan dan jadwal ini akan sebarkan ke 33 KONI seluruh Indonesia,” ujarnya.

Namun, katanya, cabor yang dipertandingan di PON masih bisa bertambah. Jika usulan 10 cabor tambahan bisa diterima dan ditetapkan pada Rapat Anggota KONI Se- Indonesia bulan Maret 2018 di Jakarta.

“Intinya 38 cabor ini sudah diputuskan, sehingga Provinsi lain sudah bisa siapkan para atlet untuk berlatih,” tegasnya.

Dikatakanya, PON adalah agenda nasional dan kebanggaan bagi masyarakat Papua menjadi tuan rumah multi ivent empat tahunan tersebut. Oleh karena itu, siapapun yang menjadi Gubernur Papua PON tetap dilaksanakan.

Lukas Enembe mengungkapkan, pembangunan venue PON di lima wilayah klaster sementara berjalan dan perkembangannya sangat baik.

Oleh karena itu, ia meminta semua pihak tidak lagi pesimis bahwa PON XX tidak akan dilaksanakan di Papua.

“Tidak boleh ada lagi keraguan. Kita juga sudah bangun Stadion Papua Bangkit terbesar kedua di Indonesia setelah Stadion Gelora Bung Karno. Oleh sebab itu, mari bergandengan tangan, kita harus yakin pasti bisa,” ajaknya.

Inilah 38 cabor yang akan diperlombakan yakni cabor Aerosport, Aquantik, Anggar, PABBSI, Atletik, Sepeda, Baseball, Biliar, Bola Basket, Bola Volly, Bridge, Bulutangkis, Catur, Cricket, Dayung, Golf, Gulat, Hockey, Judo, Karate, Kempo, Layar, Menembak, Panahan, Panjat Tebing, Pencak Silat, Selam, Senam, Sepak Bola dan Futsal, Sepak Takraw, Tarung Drajat, Ski Air, Taekwondo, Tenis,Tenis Meja, Tinju, Wushu dan Sepatu Roda. (lam/rm)

LEAVE A REPLY