TOLIKARA (PT) –  Lalu Lintas LLAJ merupakan salah satu bagian penting yang menjadi urat nadi perekonomian suatu daerah bahkan negara, karena itu pemeliharaan Kamseltibcarlantas dipandang sangat urgen dalam menunjang kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal itu disampaikan Bupati Tolikara, Usman G Wanimbo, SE, M.Si dalam sambutannya saat memimpin gelar pasukan operasi keselamatan tahun 2018 yang dilaksanakan di halaman Polres Tolikara di Kota Karubaga, Senin (5/3/18).

Bupati Usman mejelaskan, keamanan juga keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas merupakan suatu cermin keberhasilan pembangunan peradaban modern.

Untuk itu, lanjutnya, Polri pada umumnya dan Polres Tolikara bersama Pemkab Tolikara serta para pemangku kepentingan lainnya hendaknya bertanggungjawab meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap undang–undang berlalulintas LLAJ No 22. tentang LLAJ 2009.

Menurutnya, operasi kepolisian dibidang lalu lintas untuk mewujudkan negara yang tertip dan berevolusi dari segi mental masyarakat dipandang penting karenanya operasi keselamatan tahun 2018 wajib ditingkatkan.

“Data jumlah pelanggaran berlalulintas awalnya cukup tinggi, namun setelah terbangunnya infrastruktur fisik dan infrastruktur sosial yang memadai belakangan ini, maka jumlah pelanggaran berlalulintas sesuai dengan data Polres Tolikara dari tahun ke tahun sudah menurun, baik jumlah kecelakaan, tilang dan teguran,” terangnya.

Usman Wanimbo menambahkah, pihaknya juga menyadari bahwa dalam mengatasi permasalahan bidang lalu lintas itu, diwajib bertindak dan melakukan berbagai upaya untuk menciptakan pemerintahan yang bertanggungjawab dalam membina dan memelihara Kamseltibcarlantas.

Apalagi, lanjut Bupati Usman, amanat UU No 22 tahun 2009 menegaskan memelihara keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas. Tetapi juga membangun budaya tertib berlalulintas.

“Untuk mengatasi berbagai permasalahan kompleks itu tidak bisa ditangani oleh Polantas sendiri saja melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah dan diberikan solusi yang bisa diterima oleh semua pihak,” ujar Bupati Usman Wanimbo.

Bahkan, kata Bupati Usman, kebijakan Nawacita Presiden RI Joko Widodo yang dijabarkan dengan program prioritas Kapolri yakni Polri profesional, modern dan terpercaya.

“Itu mengacu pada Nawacita Presiden RI Joko Widodo,” ucapnya.

Untuk itu, Bupati Usman Wanimbo memberikan apresiasi tinggi kepada Polres Tolikara telah menjadi Polri yang profesional, modern dan terpercaya dengan menurunnya angka kriminalitas berlalulintas dan tingkat kesadaran masyarakat, akan pentingnya keselamatan sangat meningkat di seluruh Tolikara. (ara/rm)

LEAVE A REPLY