JAYAPURA (PT) – Duta Besar India untuk Indonesia, Pradeep Kumar Rawat berkunjung ke Papua bahkan melakukan pertemuan dengan Pemerintahan Provinsi Papua untuk membahas beberapa tawaran kerja sama antar kedua wilayah.

Kedatangan Duta Besar India tersebut diterima langsung oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua, Drs. Elia I Loupatty, MM di ruang kerjanya, Kamis (15/3/2018).

Pradeep Kumar mengungkapkan kedatangannya ke Papua terkait rencana jalinan kerjasama antara Papua dan India.

“Ini pertama kalinya saya datang ke Papua untuk membahas kerja sama ekonomi, pembangunan kapasitas kebudayaan, pengembangan keterampilan hingga teknologi
pendidikan,” ungkap Pradeep.

Menurutnya, pengembangan sumber daya manusia Papua akan dilanjutkan dengan pertemuan-pertemuan selanjutnya.

Sementara itu, Elia Loupatty mengatakan, pihaknya berharap tawaran kerja sama ini nantinya dapat ditindaklanjuti kedepan. Sebab, pihak kedutaan India juga berharap ada waktu untuk duduk bersama agar dapat membahas kesepakatan dalam hal pendirian pusat pelatihan dan lain sebagainya.

Dia menambahkan, tawaran kerja sama dari India ini baru pertama kalinya dan hal ini merupakan hal yang baik karena India memiliki kelebihan dalam pengembangan informatika yang dapat dimanfaatkan bagi kelancaran informasi dan komunikasi masyarakat Papua di daerah-daerah.

“Jarang sekali pihak kedutaan menawarkan hal-hal seperti ini sehingga harus dimanfaatkan dengan baik untuk masyarakat Papua,” tandasnya. (lam/dm)

LEAVE A REPLY