JAYAPURA (PT) – Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Guerend memulai kunjungan empat hari di Provinsi Papua termasuk ke Kota Jayapura serta berencana ke Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Kunjungan ini bertujuan untuk melihat secara langsung dan memperoleh informasi mengenai perkembangan terakhir di Papua. Bahkan Dubes Uni Eropa ini juga berniat langsung melihat pembangunan perekonomian, pemilihan kepala daerah (pilkada), tata kelola pemerintahan, hak asasi manusia dan perlindungan lingkungan.

Sekedar diketahui, kunjungan ke Papua ini merupakan yang kedua kalinya bagi Duta Besar Guérend sejak beliau ditugaskan di Indonesia pada bulan September 2015.

Duta Besar Uni Eropa ini dijadwalkan akan bertemu dengan berbagai pemangku kepentingan di Papua seperti Pemprov Papua dalam hal ini Pjs. Gubernur Papua, DPR Papua, Kapolda Papua dan Pemkab Jayawijaya.

Sekda Papua Terima Kunjungan Dubes Uni Eropa

Sekretaris Daerah Provinsi Papua, TEA. Hery Dosinaen, S.IP, M.KP secara resmi menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Uni Eropa, Selasa (20/3/2018) malam di ruang kerjanya.

“Kedatangan Dubes Uni Eropa ini ingin bekerjasama dalam berbagai bidang, seperti perdagangan, perubahan iklim, tata kelola pemerintahan, demokrasi dan hak asasi manusia. Mereka juga ingin kerjasama itu membawa manfaat bagi Provinsi Papua dan warganya, misalnya di bidang kesehatan, pendidikan, dukungan terhadap upaya mitigasi perubahan iklim dan pembangunan perekonomian yang berkelanjutan,” ungkap Sekda Hery usai pertemuan dengan Dubes Uni Eropa.

Dijelaskannya, selain berdiskusi dengan pemerintah daerah, para pihak dari Uni Eropa ini rencananya melangsungkan pertemuan dengan masyarakat sipil, khususnya membahas lingkungan hidup dan perubahan iklim tentang bantuan yang dibutuhkan di masa depan hingga tentang peningkatan kapasitas dan advokasi.

Dimana, tahun ini, Uni Eropa berencana untuk membuka peluang mengajukan proposal untuk membantu masyarakat sipil di Indonesia, khususnya di daerah tertinggal.

Uni Eropa, lanjut Sekda juga tengah mengkaji pula dukungan untuk perlindungan Segitiga Terumbu Karang Sulu Sulawesi dan dukungan untuk produsen kelapa sawit skala kecil untuk memproduksi secara berkelanjutan.

Sementara dalam kunjungannya kali ini, Dubes Uni Eropa juga akan mengunjungi rumah sakit di Wamena untuk melihat lebih dekat upaya pemerintah dalam pelayanan kesehatan berkualitas di bidang AIDS, TBC dan Malaria. (lam/dm)

LEAVE A REPLY