JAYAPURA (PT) – PJs. Gubernur Papua, Soedarmo menegekaskan, pelaksanaan PON XX tahun 2020 di Papua merupakan kebanggaan masyarakat Papua, namun Provinsi Papua harus mampu mensukseskan pelaksanaan ivent olahraga nasional empat tahunan tersebut.

“Dengan ditetapkannya Provinsi Papua sebagai tuan rumah PON XX adalah merupakan kebanggaan masyarakat Papua. Tentunya akan mampu mengangkat harkat dan martabat orang Papua,” tegasnya dalam sambutannya Rapat Koordinasi Bidang Pertandingan dan Peninjauan Tempat Pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020, Rabu (21/3/2018).

Gubernur Soedarmo menjelaskan, guna mensukseskan pelaksanaan PON terseut, diharapkan ada koordinasi dan komunikasi yang erat antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yang berpartisipasi dalam persiapan maupun pembangunan sarana prasarana PON.

“Tentunya melalui Dinas Olahraga, saya harap bisa mengendalikan persiapan PON. Sebab itu menyangkut nama baik Provinsi Papua. Sekali lagi, mari para stakeholder bersama-sama, bersatu untuk sukseskan penyelenggaraan PON XX di Papua,” terangnya.

Gubernur berpesan agar dalam pelaksanaan rapat koordinasi, segera melakukan finalisasi cabang olahraga dan nomor pertandingan yang akan dipertandingan dalam PON XX.

“Termasuk berapa banyak jumlah panitia pelaksana dari masing-masing cabang olahraga. Kemudian spesifikasi teknis arena pertandingan, peralatan serta penyusunan jadwal pertandingannya mesti dirampungkan,” imbuhnya.

Menurut dia, PON XX merupakan kebanggan bagi pemerintah dan masyarakat di Papua, sehingga wajib untuk diwujudkan serta disukseskan. Sebab merupakan tanggung jawab seluruh stake holder yang ada di Papua.

“Karena itu, saya ajak kita semua untuk bisa menerima dan mengupayakan serta menyiapkan rencana dengan sebaik-baiknya, supaya penyelenggaraan PON Papua bisa sukses. Baik dalam penyelenggaraan maupun prestasi, hingga yang paling utama mampu meningkatkan ekonomi di Papua,” imbaunya.

Selain itu, yang juga sangat penting mengenai konsumsi, akomodasi dan transportasi yang mulai sekarang harus dipersiapkan dengan matang. Sehingga memang kita perlu kerja keras untuk mewujudkan itu semua. (ing/dm)

LEAVE A REPLY