JAYAPURA (PT) – Guna mensukseskan pelaksanaan ivent olahraga nasional empat tahunan yang akan diselenggarakan di Papua, Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua bersama KONI Papua melakukan pertemuan guna membahas nomor pertandingan cabang olahraga PON XX tahun 2020 Papua, Rabu (21/3/2018) di Hotel Sahid Jayapura.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Yusuf Yambe Yabdi dalam laporannya pada rapat kondolidasi dan konsultasi teknis menjelaskan, tujuan pertemuan ini difokuskan pada bidang pertandingan sebab bidang pertandingan ini merupakan penjuru bagi semua bidang yang lain.

“Semua bidang sampai saat ini belum bisa bekerja karena nomor cabor dan kuota atlet terus berubah,” kata Yusuf Yambe Yabdi.

Yusuf berharap melalui pertemuan ini dapat memutuskan jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan serta dapat memutuskan jumlah atlet dan official.

“Dengan adanya keputusan tersebut, Pemprov Papua sebagai tuan rumah dapat menyiapkan diri untuk mensukseskan PON XX,” terangnya.

Ia mengaku, dalam bidang pertandingan ada lima hal yang akan dibahas diantaranya finalisasi cabang olahraga, finalisasi teknis peralatan pertanidingan dan peralatan pendukung pertandingan, spefikasi teknis arena pertandingan, sumber daya manusia yang akan mendukung pertandingan seperti wasit dan juri serta sumber daya pendukung dan venus atau calon venus yang akan digunakan.

“Selain itu, kami akan menyusun konsep pertandingan PON.” katanya.

Dari hasil pertemuan ini, lanjut Yusuf Yambe Yabdi bahwa akan dilaporkan kepada pemerintah daerah untuk selanjutnya melakukan rapat kerja terbatas dengan Gubernur bersama tim anggaran pemerintah daerah untuk mengkaji laporan yang disampaikan oleh PB PON dan KONI Papua.

“Hal ini berkaitan dengan kapasitas fiskal, oleh sebab itu harus ada keputusan dari pemerintah mengenai jumlah cabor yang akan dipertandingkan sesuai dengan kekuatan fiscal,” ucapnya.

Senada dengan itu, Wakil KONI Pusat, Suwarno meminta Pemprov Papua mempercepat fasilitas pendukung penyelenggaraan PON.

“Masih banyak yang butuh percepatan dalam menyiapkan berbagai hal agar dapat berjalan tuntas sesuai dengan rencana seperti venue dan serta prasarana harus tepat waktu tepat guna dan tepat sasaran,” jelasnya.

Selain itu, kata suwarno, kesiapan sumber daya manusia, akomodasi transportasi, keamanan merupakan hal harus dipersiapkan.

“Saya berharap kepada pihak yang terkait agar waktu yang ada dapat digunakan sebaiknya yang berkaitan dengan penyelenggaran PON,” terangnya.

Guna mensukseskan pelaksanaan PON di Papua, Suwarno menekan agar semua pihak fokus dan bersama-sama mensukseskan pelaksanaan PON di Papua.

“Mari kita bersama pemerintah daerah, KONI, PB PON bersatu mengupas secara tuntas yang masih terkendala,” tandasnya. (ing/dm)

LEAVE A REPLY