JAYAPURA (PT) – Pengurus Provinsi (Pengprov) Muay Thay Papua mulai melakukan seleksi atlet. Daerah pertama yang dilakukan seleksi adalah Kabupaten Jayapura.

Pelatih Muay Thay Papua, Doni Ayorbaba mengatakan, untuk seleksi atlet, Pengprov Muay Thay akan turun langsung ke daerah-daerah seperti Kabupaten Sarmi, Mimika dan Biak Numfor.

“Minggu depan kita sudah turun ke Kabupaten Biak. Kita bekerja sama dengan pengurus Muay Thay di daerah untuk mencari atlet,” kata Dony kepada wartawan disela-sela seleksi atlet di Stadion Bas Youwe
Sentani, Rabu (28/3/2018).

Doni mengatakan, penjaringan atlet yang dilakukan cukup selektif dan sesuai dengan standar Nasional. Oleh karena itu, atlet yang akan direkrut harus memenuhi beberapa standar.

Ia mengaku, hasil tes atlet di Kabupaten Jayapura sangat memuaskan.

“Tes hari ini hanya dua atlet, masih ada atlet lain yang akan mengikuti seleksi besok,” beber Doni.

Doni berharap, pengurus Muay Thay di kabupaten lain bisa segera mengumpulkan atletnya, sehingga ketika pihaknya turun ke daerah tinggal melakukan seleksi.

“Kita akan rekrut atlet sebanyak-banyak,” imbuhnya.

Doni mengaku, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua, cabang olahraga Muay Thay akan mempertandingkan 18 kelas yakni 12 kelas putra dan 6 kelas putri.

Untuk kelas 43 kg putri, kata Dony, Papua punya kans mendapat medali
emas. Karena salah satu atlet putrinya merupakan atlet Nasional dan baru saja mendapat medali perak di kejuaraan profesional Muay Thay beberapa waktu lalu.

Dia berharap, dengan proses perekrutan atlet secara selektif dan lebih awal dari cabor lain ini, bisa memberikan hasil yang positif dalam persiapan menuju PON 2020 mendatang.

Terkait dengan pembatasan batas usia di PON, menurut Doni,  batasan usia atlet yang akan berlaga di PON adalah kelahiran 1994 atau usia 26 tahun.

Ia menambahkan, di Kabupaten Mimika ada beberapa atlet Nasional Muay Thay. Namun, Doni menegaskan bahwa tetap melakukan seleksi dan atlet-atlet terbaiklah yang akan direkrut untuk masuk dalam pusat pembinaan dan pelatihan Provinsi (Pusatprov) Papua. (ing/dm)

LEAVE A REPLY