JAYAPURA (PT) – Ketua Komisi IV DPR Papua yang membidangi infrastruktur, jalan dan jembatan, Yarius Balingga mengusulkan agar nantinya nama untuk Jembatan Holtekamp bisa diberi nama Holandia sesuai dengan sejarah sebelum pemberian nama Irian Jaya yang kini Papua adalah Holandia sebab nama tersebut sudah ada sejak jaman Belanda.

“Ini hanya pikiran saya. Kenapa sampai kami usulkan nama Holandia, karena Holandia ini menurut saya sangat cocok dan┬ánama Holandia ini sebelumnya dari Irian Jaya nama Holandia itu sudah ada sejak jaman Belanda,” kata Yarius Balingga, Selasa (10/4/2018).

Menurutnya, pemberian nama Jembatan Holtekamp ini sebaiknya juga harus ada kesepakatan dari pihak Pemerintah Provnsi Papua maupun Pemerintah Kota Jayapura. Artinya bahwa harus duduk bersama sehingga ada kata sepakat dalam memberikan nama Jembatan Holtekamp sehingga bukan hanya sepihak saja dan tidak ambil nama dari luar.

“Jadi hasil kesepakatan itu nanti kita berembuk bahwa nama apa yang paling cocok yang bisa kita berikan kepada Jembatan Holtekamp. Jadi jangan pakai istilah nama dari luar karena itu tidak perlu, harus pakai nama istilah yang ada di Papua. Salah satunya menurut saya, namanya jembatan Holandia,” katanya.

Diakuinya, bahwa usulan nama Holandia itu memang terlintas dalam pikirannya, sehingga jika diterima, ia sangat berterima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Pemprov Papua dan Pemkot Jayapura. (ara/dm)

LEAVE A REPLY