JAYAPURA (PT) – Dalam rangka menyambut Hari Kartini sekaligus HUT Kemala Bhayangkari, Polda Papua melalui Bid Dokkes melakukan bhakti sosial dan pemeriksaan kesehatan bagi warga di Kampung Ubiyau, Distrik Arso, Kabupaten Keerom, Selasa (17/4/2018).

Kapolres Keerom, AKBP. Muji Windi Harto, SIK, SH mengatakan, kegiatan kesehatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2018 sekaligus HUT Yayasan Kemala Bhayangkari Daerah Papua.

Selain itu, kegiatan bhakti sosial ini merupakan program dari Polda Papua dimana beberapa waktu lalu Polres Keerom bekerjasama dengan Tim Bid Dokkes Polda Papua telah melaksanakan kegiatan seperti ini di Distrik Waris, Kabupaten Keerom.

“Kegiatan ini perlu dilakukan pada Kampung Ubiyau yang mungkin kurang tersentuh khususnya dalam hal kesehatan. Maka dari itu kami melakulan kegiatan bhakti sosial ini di Kampung Ubiyau yang jauh dari pelayanan kesehatan. Terkait beberapa waktu lalu ada warga di Kabupaten Keerom meninggal dunia sebanyak 6 orang yang diakibatkan karena minuman keras, maka dari itu saya selaku Kapolres Keerom menghimbau jangan pernah mencoba yang namanya minuman keras lokal maupun miras pabrik dan barang terlarang lainnya yaitu seperti ganja yang sangat banyak terdapat di wilayah Kabupaten Keerom,” kata Kapolres.

Kapolres juga menyampaikan harapannya supaya masyarakat mau mendukung serta membantu pihak kepolisian dalam memberantas peredaran minuman keras dan ganja maupun kejahatan lain yang ada di Kabupaten Keerom.

Sementara itu, Kabid Dokkes Polda Papua, Kombes Pol. dr. Ramon menjelaskan, kegiatan pelayanan kesehatan ini nantinya ada pengobatan umum dan pengobatan gigi dimana pengobatan tersebut akan ditangani oleh dokter spesialis pada bidangnya.

“Jika kegiatan bhakti sosial kesehatan bermanfaat dan masih diperlukan untuk kemudian hari bagi masyarakat Kampung Ubiyau, masyarakat bisa melaporkan kepada Kapolres Keerom untuk kita dapat datang kembali dan menyiapan pengobatan untuk bapak ibu dan anak-anak yang ada di Kampung Ubiyau,” bebernya.

Ditempat yang sama, Sekertaris Kampung Ubiyau, Salmon Isagi mengungkapkan, masyarakat sangat berterima kasih atas kehadiran Kapolres Keerom bersama Tim Bid Dokkes Polda Papua untuk melakukan kegiatan bhakti sosial kesehatan ini.

Masyarakat, katanya sangat perlu dan sangat membutuhkan pelayanan kesehatan karena letak Kampung Ubiyau sangatlah jauh dari dari tempat pelayanan kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas.

“Kami berharap kedepannya agar kegiatan yang seperti ini dapat dilakukan lebih sering,” imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut, tim kesehatan Bid Dokkes Polda Papua melakukan pemeriksaan dan pengobatan terhadap 150 orang yang terdiri dari pasien dewasa dan anak-anak dari dua kampung yakni Kampung Ubiyau dan Sawanawa. (jul/dm)

LEAVE A REPLY