JAYAPURA (PT) – Dukungan kepada Provinsi Aceh-Sumatera Utara (Sumut) menjadi tuan rumah bersama Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024, menguat seiring dukungan dari KONI Provinsi Se-Indonesia.

Ketua KONI Aceh, Muzakir Manaf bersama timnya terbang jauh-jauh dari Aceh menuju Kota Jayapura hanya untuk menjemput dukungan dari Provinsi Papua.

“Ya, kami datang ke Papua untuk silaturami sekaligus minta doa restu Papua untuk mendukung Aceh-Sumut sebagai tuan rumah PON tahun 2024,” ujar Manaf usai melakukan pertamuan dengan pengurus KONI Papua di RM Rumah Laut.

Manaf mengatakan, kehadiran timnya ke Jayapura diharapkan mendapat dukungan penuh.

“Mudah-mudahan dukungan dari Papua diikuti dengan dukungan dari provinsi lain di wilayah Timur Indonesia. Dengan dukungan Papua, berarti sudah 70 persen dukungan dari KONI Se-Indonesia kepada Aceh-Sumut,” ujar Muzakir Manaf yang juga adalah mantan Wakil Panglima GAM itu.

Manaf mengatakan, Aceh maupun Papua tentu memiliki tujuan menjadi tuan rumah PON. Dimana, sama-sama ingin menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dan Aceh ingin tunjukan kepada masyarakat luar bahwa Aceh adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kita ingin tunjukan Aceh di mata Internasional, bahwa Aceh aman dan masyarakat luar jangan ragu untuk berkunjung ke Aceh,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum (Sekum) KONI Papua, Kenius Kogoya
mengatakan, setelah pertemuan ini tentu ada rapat terbatas pengurus
KONI Papua untuk memutuskan dukungan Papua.

Namun, Aceh dan Papua ini punya nasib yang sama dan jika kita bicara NKRI, tentu dukungan itu pasti kita berikan kepada Aceh.

Kenius mengatakan, calon tuan rumah PON 2024 Bali-NTB juga sudah datang ke Jayapura minta dukungan Papua. Tetapi, bicara NKRI, maka tentu kita harus memberikan dukungan kepada Aceh.

“Papua sudah, saatnya Aceh. Sehingga ujung Timur dan Barat sama-sama menjaga Indonesia,” tuturnya.

Diketahui, selain Aceh-Sumut, Provinsi Bali-NTB dan Kalimantan Selatan juga mendaftar menjadi tuan rumah PON XIX tahun 2024. Menjadi tuan rumah PON 2024 akan dilaksanakan di Jakarta 23 hingga 26 April 2108 sekaligus RAT KONI untuk memutuskan jumlah cabang olahraga dan nomor akan akan dipertandingan pada PON XX tahun 2024 di Papua. (lam/dm)

LEAVE A REPLY