JAYAPURA (PT) – Selain mengelar upacara dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) p
Pemerintah Kota Jayapura juga mencanangkan Gernas Baku yakni Gerakan Nasional Baca Buku yang dilakukan di halaman Kantor Walikota Jayapura, Rabu (2/5/2018).

Pencanangan Gernas Baku disosialisasikan kepada para orang tua untuk gencar melakukan membacakan buku atau mendongeng kepada anak usia dini (Paud) di seluruh Paud yang ada di Kota Jayapura.

Gernas Baku secara langsung dilaunching oleh Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tommy Mano, MM bersama Bunda Paud Kota Jayapura, Ny. Cristine L Mano serta puluhan anak-anak Paud Se-Kota Jayapura dengan melepaskan balon udara sekaligus Bunda Paud membacakan buku bercerita kepada anak-anak Paud.

Usai pencanangan Bunda Paud Kota Jayapura mengharapkan, dengan pencanangan Gernas Baku para orang tua yang mempunyai anak-anak Paud untuk rajin membacakan buku kepada anak-anak.

“Khusus untuk Kota Jayapura kegemaran anak-anak membaca buku sangat kurang dengan adanya Gernas Baku ini kiranya kegemaran membaca anak dapat tumbuh kembali,” harapnya.

Ia juga meminta kepada anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah juga dapat meningkatkan minat baca terutama bagi mereka yang masih berstatuskan sebagai pelajar.

“Dengan memanfaatkan IT yang ada kita dapat memanfaatkan dengan baik yakni mencari judul buku, tetapi dengan adanya buku yang ada jangan mengangap remeh tentang membaca buku karena hal ini akan menumbuhkan minat mereka dalam membaca buku,” terangnya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Fachruddin Pasollo menerangkan, Gernas Baku merupakan gerakan yang dibuat oleh Kementrian Pendidikan untuk nantinya kita destinasikan ke semua sekolah yang ada terutama di Paud.

“Akan dilaunching juga di sekolah-sekolah pada 5 Mei 2018 dan hal ini juga mendapat apresiasi dari pemkot Jayapura,” pungkasnya. (ri/dm)

LEAVE A REPLY