NABIRE (PT) – Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo resmi membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVII tingkat Provinsi Papua di Kabupaten Nabire yang dipusatkan di Mesjid Al Fala Kota Nabire, Rabu (2/5) malam.

Kegiatan MTQ juga ditandai dengan peresmian Islamic Centre oleh Bupati Kabupaten Nabire, Isaias Douw S.Sos, M.AP.

Gubernur Papua, Soedarmo mengatakan, dirinya menaruh perhatian dan bangga dengan pelaksanaan MTQ kali ini. Karena dilaksanakan melalui partisipasi seluruh umat beragama di daerah ini.

Menurut Soedarmo, Kota Nabire yang dijuluki kota emas sangat tepat, sebab dengan adanya gedung Islamic Centre yang megah ini menunjukan bahwa kehidupan antar umat beragama di Nabire maupun di Provinsi Papua telah berlangsung dinamis, harmonis dan semakin toleransi.

Bahkan kerukunan dan kebersamaan seperti ini menjadi perekat kedamaian masyarakat
Papua.

Soedaemo juga mengapresiasi tema dalam pelaksanaan MTQ tahun ini yaitu, melalui MTQ XXVII Papua di Kabupaten Nabire kita tingkatkan persatuan dan kesatuan didalam kebhinekaan demi kerukunan antar umat di Provinsi Papua.

“Tema ini sejalan dengan upaya kita untuk terus menerus meningkatkan kualitas kehidupan beragama dan kualitas kesejahteraan masyarakat Papua secara ekonomi adat dan budaya. Melalui kegiatan MTQ ini bisa dapat mewujudkan masyarakat berakhat mulia. Kita dapat memperkuat jati diri dan karakter masyarakat Papua yang majemuk melalui nilai nilai keagamaan,” ungkapnya.

Gubernur juga berharap, MTQ ini dapat melahirkan para peserta terbaik untuk berbagai ketagori yang akan mewakili Papua pada MTQ Nasional ke 27 Tahun 2018 yang akan digelar di Sumatera Utara.

Sementara itu, Ketua Panitia MTQ, Jufenia Mote Douw dalam laporannya mengatakan, kegiatan MTQ tingkat Provinsi Papua di Nabire ini dapat terlaksana atas dukungan Pemerintah Provinsi, Kabupaten Nabire dan
shakeholder lainnya.

Dimana, Pemprov Papua menyumbang Rp 2 miliar kemudian Pemda Nabire Rp 3 miliar dan bantuan stakeholder sebesar Rp 212 juta.

Istri Bupati Nabire ini menambahkan, pelaksanaan MTQ akan dimulai sejak 2 hingga 7 Mei 2018 mendatang, dan diikuti oleh kurang lebih 20 kabupaten/kota Se-Provinsi Papua. Sementara peserta berjumah 562 orang dan akan mengikuti enam kategori lomba.

Kegiatan MTQ dihadiri sejumlah pejabat Papua. Seperti bupati, Kepala OPD dan ratusan tamu undangan lainnya. (lam/dm)

LEAVE A REPLY