JAYAPURA (PT) – Disela-sela penutupan TMMD di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Kasdam XVII/Cenderawasih, Brigjen TNI. I Nyoman Cantiasa melakukan tatap muka dengan seluruh prajurit TNI yang bertugas di Wamena.

“Sebagai prajurit Tentara Nasional Indinesia, kita harus bangga. Sebab saat ini kepercayaan masyarakat pada kita sangat tinggi,” ungkap Kasdam dihadapan prajurit segarnisun Wamena di Aula Batalyon 756/ Wamena.

Dikatakannya, kepercayaan yang tinggi dari masyarakat dikarenakan para prajurit bekerja dengan ikhlas dalam mendampingi masyarakat.

“Yang paling penting adalah jangan menyakiti hati rakyat sehingga kita prajurit dapat diterima. Jangan kita melanggar kepercayaan yang diberikan, sebab sekali kita langgar maka hilanglah kepercayaan tersebut,” tegas Kasdam.

Kasdam juga mengingatkan para prajurit bahwa bertugas di Papua berarti mendapat penghargaan dan prajurit berprestasi.

“Saat ini ada 3 prajurit yang lulus AKMIL dengan predikat terbaik (Adimakayasa) satu diantaranya saya, satu di Lantamal dan satu di kepolisian. Ini menjadi bukti bahwa yang berprestasi adalah yang bertugas ke Papua,” terang Kasdam yang juga mantan Dandrem Biak ini.

Kasdam menekankan bahwa sebagai prajurit TNI harus dapat menjadi solusi.

“Ketika ada permasalahan di kalangan masyarakat hendaknya setiap prajurit bisa menjadi solusi. Ketika rakyat datang mengadukan persoalan, berikanlah jawaban yang baik,” imbuhnya.

Dalam tatap muka dengan prajurit ini, Kasdam juga memutar beberapa vidio tentang keberhasilan prajurit Kodam XVII/Cenderawasih dalam merangkul masyarakat yang masih berseberangan idiologinya.

Kasdam secara tegas berpesan kepada para prajurit agar menjaga netralitas dalma pemilihan kepala daerah (Pilkada).

“Kalian harus menjaga netralitas. Sebab sekali itu dilanggar bukan hanya kamu pribadi yang terkena namun satuanmu juga akan terkena sanksi. Siapapun prajurit yang terlibat maka sanksinya adalah pemecatan,” bebernya.

Kasdam kembali berpesan agar prajurit tetap bisa menjaga kerjasama, soliditas dengan Kepolisian.

“Kita harus solid. Jika diminta bantuan oleh pihak kepolisian maka, TNI sebagai prajurit harus segera memberikan penguatan atau bantuan kepada pihak Kepolisian,” katanya.

Sebelum tatap muka ini, Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI I. Nyoman Cantiasa melakukan penanaman pohon di halaman depan batalyon 756/ Wamena. (jul/dm)

LEAVE A REPLY