JAYAPURA (PT) – Plt. Asisten Bidang Perekonomian   Pembangunan dan Kesejahteraan Sekda Provinsi Papua, Dr. Ir. Noak Kapisa dalam arahannya pada apel pagi di halaman Kantor Gubernur Papua mengatakan, Presiden Joko Widodo meminta kepada Pemerintah Provinsi Papua untuk memetakan kebutuhan dasar masyarakat Kabupaten Asmat selama satu minggu.

“Gubernur meminta kepada saya dan Asisten III, Elysa Auri melakukan koordinasi dengan SKPD untuk memetahkan kebutuhan dasar di Kabupaten Asmat,” ungkapnya.

Dijelaskannya, untuk melakukan pemetaan kebutuhan dasar di Kabupaten Asmat, maka akan dilakukan pengecekan di Kabupaten Asmat melalui koordinasi Bupati Asmat dan masyarakat.

“Akan dilakukan pengecekan disana untuk kebutuhan, sebab kita diberi batas waktu satu minggu,” terangnya.

Menurutnya, setelah dilakukan pemetaan kebutuhan dasar masyarakat Asmat, Penjabat Gubernur akan melaporkan kepada Presiden hasil pemetaan tersebut.

“Rencana minggu depan Penjabat Gubernur akan melaporkan kepada Presiden,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Sosial Idrus Marham menerangkan pemerintah telah merancang program untuk memenuhi seluruh kebutuhan dasar dan mendesak masyarakat Asmat guna menghindari terjadinya kasus penyakit lain terulang.

“Secara konseptual pemerintah sudah buat prinsip-prinsip dasar setelah KLB berakhir. Pemerintah Pusat telah merencanakan program-program dalam satu konsep terpadu, menyeluruh, dan berkesinambungan. Makanya kami datang ke sini,” beber Idrus. (ing/dm)

LEAVE A REPLY