JAYAPURA (PT) – Wakil Walikota, Ir. H. Rustan Saru, MM secara resmi membuka Deklarasi Indonesia Kijang Club (IKJ) Chapter ke 45 di salah satu hotel di Kota Jayapura, Sabtu (14/3/2018).

Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru mengatakan, dalam pembentukan grup atau komuniti harus mempunyai peraturan atau dasar hukum agar grup tersebut dapat diatur dengan baik.

Sehingga apabila sudah ada peraturan yang mengikat maka harus dipatuhi dan jangan dilangar.

“Jangan hanya menaati peraturan didalam grup saja tetapi harus juga patuhi lalu lintas sebab kebanyakan masyarakat atau pemuda masih banyak yang sering ugal-ugalan dan arogan dalam berkendara dan juga ada oknum masyarakat yang dalam keadaan setengah sadar untuk berkendara yang dapat mengakibatkan banyak kerugian baik untuk diri sendiri maupun orang lain,” ungkapnya.

Ia juga berharap ketika melaksanakan kegiatan dimana saja jangan melakukan parkir sembarangan, karena kota ini apabila terjadi parkir liar atau sembarangan maka terjadi kemacetan yang parah meskipun di depan rumah sendiri.

Wawalkot menghimbau kepada warga kota untuk dapat hidup sehat terutama kepada komunitas grup mobil , agar dapat mengatur pola makan tiap hari, berolah raga dan rajin periksa kesehatan di klinik agar diri terhindar dari segala penyakit.

Bukan hanya itu, ia juga mengajak pihak kepolisian dirinya mengigatkan agar petugas selalu memberitahukan kepada warga yang memiliki kendaraan roda dua maupun roda empat lebih cepat lagi bertumbuh dan tentang hal kemacetan terutama di kota.

“Contohnya di Jalan Ahmad Yani terutama depan Polresta itulah yang sering membuat kemacetan karena banyak orang yang parkir hingga memakan jalan yang sangat besar,” terangnya.

“Saya mengucapkan selamat dan semoga grup IKC Jayapura harus selalu berkembang, maju dan aktif dimasyarakat dan terus membuat kegiatan bakti sosial,” imbuh Rustan.

Sementara itu, Sekretaris Umum IKC, Dede Abdul Latief mengatakan klub IKC Jayapura bisa bekerjasama dengan Pemerintah Kota Jayapura dan Kepolisian Kota Jayapura.

“Saya ingin memberikan pemberitahuan kepada teman-teman agar sekiranya nanti dapat hadir dalam pemilihan Ketua Umum Pusat yang akan dilaksanakan di Bogor Jawa Barat nanti,” ajaknya.

Ia mengakui untuk peresmian cabang ke 45 ini perlu ekstra Klkerja keras dari teman-teman semua yang di Kota Jayapura dan sekarang grup IKC Jayapura menargetkan peresmian 3 cabang yaitu di Sorong, Ambon dan Maros.

“Jujur cabang terjauh adalah cabang di Jayapura dan paling berkesan karena ini cabang pertama di papua dan saya sangat bangga sekali,” bebernya.

Dede berharap kepada Pemerintah Kota Jayapura bersama Polres Jayapura Kota untuk menjadi pembina agar grup ini dapat menjadi grup yang taat aturan dan dapat menjadi panutab yang baik bagi club lain yang ada di Kota Jayapura. (ri/dm)

LEAVE A REPLY