BIAK (PAPOS) – Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo secara resmi mengukuhkan Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Papua, Besem Gombo, S.Pd, M.Si sebagai Penjabat Sementara Bupati Biak Numfor di Gedung Wanita Biak Numfor, Selasa (16/5/2018).

Pengukuhan tersebut dihadiri Sekda Papua, TEA. Hery Dosinaen, S.IP, M,KP, Asisiten Bidang Umum Sekda Papua, Elsya Auri, SE, MM, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Biak Numfor serta ASN di lingkungan Pemerintah Biak Numfor.

Dalam arahannya, Pj. Gubernur, Soedarmo mengharapkan kepada Pjs. Biak Numfor agar dapat mensukseskan baik Pemilihan Gubernur maupun pemilihan Bupati serentak pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang.

“Selain itu, ada lima tugas pokok yang emban, tugas ini tentunya yang harus di prioritaskan yakni bagaimana memelihara dan menjaga ketenteraman masyarakat dan memfasilitasi Pilkada baik Pilgub maupun Pilkada Biak Numfor,” jelasnya.

Selain itu, kata Soedarmo, Pjs juga bertugas untuk memimpin pemerintahan dan membuat rancangan Perda.

“Sisa waktu harus dimanfaatkan secara maksimal terutama menyangkut tugas pokok sementara bagaimana mensukseskan Pilkada di Biak Numfor dan tentunya bisa terpilih yang mempunyai integritas,” terangnya.

Ia menyinggung soal kondisi keamanan terkait Pilkada di Papua, dimana Provinsi Papua merupakan salah daerah rawan serta empat kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada serentak.

“Dari hasil survei yang sudah dilakukan oleh berbagai institusi, menyangkut keamanan masalah indek kerawanan adalah Provinsi Papua menempati urutan pertama dari tujuh provinsi sementara empat kabupaten masuk rapor merah,” tegasnya.

Oleh karena itu, dirinya berharap semua pihak baik sebagai Penjabat Gubernur maupun Penjabat Bupati serta elemen lain dapat bekerjasama membangun kebersamaan dan memulihkan serta merubah asumsi dari merah ke hijau.

“Jadi ini tugas berat, ini bisa kita liat dari kabupaten yang melaksanakan Pilkada, seperti Biak Numfor sudah tidak ada persoalan, sudah mulai berjalan tahapan Pilkadanya,” katanya lagi.

Iapun mengharapkan pada enam kabupaten yang juga menyelenggarakan Pilkada serentak agar semua proses dapat berjalan dengan baik.

“Oleh karena itu, kami berharapa ada kerjasama yang baik pada tujuh kabupaten yang melakukan Pilkada serentak,” imbuhnya.

“Saya yakin Biak Numfor akan aman, saya sangat yakin itu,” ucap Soedarmo.

Dengan demikian, dirinya meminta kepada Pjs. Bupati Biak agar dapat merangkul dengan semua pihak. Sebab dalam pemerintahan. bukan hanya forkompimda saja yang ada tetapi juga ada komponen masyarakat lain seperti tokoh adat, agama, perempuan, pemuda, ada forum kerukunan umat beragama.

“Bagi kepala daerah yang mampu merangkul semua komponen pasti daerahnya aman,” pungkasnya. (ing/dm)

LEAVE A REPLY