JAYAPURA (PT) – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Papua, Djuli Mambaya, ST mengatakan, pembangunan jalan yang ada di Kampung Buton dapat dimanfaatkan untuk kepentingan PON XX tahun 2020 di Papua.

Sebab, ruas jalan di Kampung Buton itu merupakan salah satu bentuk dukungan Dinas PU Provinsi Papua demi kepentingan PON.

Ia mengaku sangat menyayangkan ketika nantinya jalan tersebut pada akhirnya tidak dimanfaatkan, pasalnya jalan ini sudah dibangun dua jalur dengan kontruksi yang begitu kuat.

“Boleh lihat dilapangan, jalan itu kita sudah kerjakan dengan baik dan tuntas 100 persen. Bahkan sudah diperiksa oleh Inspektur dan BPK RI,” ungkapnya.

Ia juga mengaku bahwa salah satu tugas Dinas PU adalah membangun semua akses ke venus PON 2020.

“Ya, itu pekerjaan tahun 2017 lalu dan kini pembangunan jalan tersebut sudah selesai dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” katanya.

Menurut Djuli, pembangunan jalan di Kampung Buton tersebut sudah sesuai aturan yang ada dan telah melalui mekanisme yang baik. Dengan tujuan untuk mendukung sarana pembangunan Venus Volly yang akan dibangun di daerah tersebut untuk dipakai pada PON 2020 mendatang.

Hanya saja, lanjutnya, pihaknya tidak mengtahui persis jika jalan tersebut tidak dimanfaatkan. Pasalnya tugasnya sudah selesai mengerjakan jalan itu.

Selain itu, jalan ini juga sudah diperiksa oleh pihak BPK dan tidak ada masalah.

“Intinya jalan tersebut dibangun dengan sumber dana APBD Pemprov Papua tahun 2017 dengan total anggaran sebesar Rp 10.127.777.160 dengan panjang 1,7 Km. Dimana pekerjaanya sudah tuntas,” pungkasnya. (ing/dm)

LEAVE A REPLY