SENTANI (PT) – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si memimpin rapat pertemuan dengan Tim Unit Percepatan Pembangunan Kabupaten Jayapura di Aula Lantai I Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (12/5/2018).

“Ya, pertemuan ini selain dari tim percepatan pembangunan juga ada dari ITB dan Dewan KEK Nasional. Kemudian dari kita juga ada tim dari Universitas Cenderawasih dan ada tim percepatan pembangunan yang telah dibentuk yang terdiri dari sejumlah professor maupun doktor yang kita kumpulkan untuk percepatan pembangunan di Jayapura ini,” ungkap Bupati Mathius Awoitauw usai pertemuan tersebut.

Bupati Mathius menyampaikan, pihaknya mencoba mengumpulkan pihak masing-masing punya cara berpikir, untuk melihat bagaimana kawasan Pelabuhan Depapre hingga di kawasan Bandara Sentani.

Kemudian ada rencana untuk kawasan industri di tengah-tengahnya yang menghubungkan dengan industri pariwisata. Sehingga kawasan ini bagaimana bisa di desain secara besar.

Sebab, di kawasan-kawasan ini ada fasilitas-fasilitas yang sangat strategis seperti sedang dibangun Pelabuhan Peti Kemas Depapre, pengembangan Bandara Sentani sebagai pintu masuk dan jalan trans Papua yang menghubungan dengan wilayah Pegunungan nanti sampai di kawasan industri yang telah kita rencanakan itu.

“Baik jalur laut, udara maupun darat itu bertemu semuanya di kawasan ini. Jadi, saya pikir ini masa depan bagi Papua untuk pengembangan ekonomi. Yang mana, tempat ini bisa menjadi kawasan andalan nasional. Karena dari sini bisa ke Pasifik, baik melalui laut maupun udara itu semuanya memungkinkan. Oleh karena itu, kita coba undang beberapa pihak untuk mendesain kawasan tersebut,” tandasnya. (tm/dm)

LEAVE A REPLY