SENTANI (PT) – Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat, lebih khusus pasien di RSUD Yowari Sentani, Kabupaten Jayapura, maka RSUD Yowari dituntut bisa lebih meningkatkan pelayanannya.

Terkait dengan itu, guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan tersebut, maka Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si secara resmi melaunching dan pencanangan akreditas RSUD Yowari yang ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama, Jumat (18/5/2018) di Aula RSUD Yowari.

Bupati Mathius mengatakan, akreditasi terhadap rumah sakit sebagai langkah penting untuk memberikan jaminan layanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat.

Diakuinya, dengan dicanangkannya akreditasi rumah sakit ini maka yang diuntungkan nantinya adalah masyarakat, karena akreditasi yang baik akan berdampak pada pelayanan kesehatan.

Artinya, lanjut Bupati bahwa kedepan peningkatan mutu keselamatan pasien harus lebih diupayakan lebih baik lagi.

“Ya, kita sudah launching, untuk bagaimana akreditasi ini bisa lebih baik lagi ke tingkat lebih baik lagi. Oleh karena itu, kita siap untuk rumah sakit ini bisa naik kelas (lebih baik lagi) dan kita akan berikan support terhadap rumah sakit Yowari,” ujarnya.

Menurut Mathius, pekerjaan kesehatan ini adalah pekerjaan kemanusiaan dan pekerjaan kasih. Artinya bahwa wujud nyata kasih kepada sesama.

Oleh karena itu, pekerjaan ini harus dihayati dalam konteks pelayanan kasih. “Siapapun dia dan agama apapun, pekerjaan ini lebih kepada pekerjaan kemanusiaan,” tuturnya.

Ia mengemukakan, pentingnya pelayanan kesehatan secara optimal kepada masyarakat yang bertanggungjawab adalah pihak rumah sakit.

“Kita semua secara khusus para medis yang ada di rumah sakit ini harus merasa bahwa disinilah panggilan Tuhan kepada kita. Keyakinan ini penting karena hidup ini hanya sebentar saja, waktu juga berlalu begitu cepat. Kita ada di posisi apapun dalam pemerintahan maupun di rumah sakit ini, maka keyakinan ini yang membuat kita terus bertahan dan terus berjuang untuk melakukan yang terbaik apapun posisi kita,” imbuhnya.

Mathius menuturkan, upaya akreditasi ini adalah upaya-upaya untuk memberikan spirit atau apresiasi dari apa yang telah dikerjakan selama ini.

“Jadi, penilaian inikan datangnya sewaktu-waktu. Bukan tujuan itu kita untuk bekerja. Namun dari spirit dan semangat kita, pemahaman kita terhadap panggilan dan pekerjaan ini, itulah yang terus memberikan kita spirit,” tegasnya.

Selain itu, Bupati Mathius juga mengatakan, pentingnya petugas di rumah sakit bersikap ramah dan memberikan pelayanan sepenuh hati kepada masyarakat atau pasien, karena hal itu memberi pengaruh positif bagi kesembuhan pasien.

“Layani dengan senyum dan hati, mereka bisa senang dan cepat sembuh,” pungkasnya. (tm/dm)

LEAVE A REPLY