JAYAPURA (PT) – Persipura Jayapura kembali memimpin klasemen sementara Liga I Indonesia 2018 usai menang besar setengah lusin 6-0 atas Madura United, di pekan kesembilan, Sabtu (19/5/208) malam.

Enam gol Persipura dicetak oleh Boaz Salossa pada menit 8 dan 37 kemudian Ian Louis Kabes pada menit 30 sedangkan Marcel Sacramento pada menit 58 disusul Todd Rivaldo Fere pada menit 73 dan Imanuel Wanggai menit 86.

Dengan hasil ini, tim berjuluk Mutiara Hitam menempati peringkat pertama dengan raihan 17 poin, selisih satu angka dari Madura United di posisi kedua.

Bermain di hadapan pendukung sendiri, Persipura tampil sangat dominan. Pada menit ke 8, Boaz Solossa sudah membawa unggul persipura unggul 1-0.

Tertinggal dari tuan rumah, Madura United yang dimotori Zarahan Kranggar mencoba untuk menekan pertahanan Persipura, kerja samanya degan rekannya Beto dua kali membahayakan gawang tuan rumah.

Persipura yang mendapat dukungan dari 16 ribu lebih pendukung kembali membobol gawang pada menit ke-30, giliran Ian Louis Kabes yang mencetak gol dari luar kotak penalti untuk menambah keunggulan Persipura menjadi 2-0.

Tak sampai disitu, Boaz kembali mencetak gol keduanya pada menit ke-38 memanfaatkan umpan Marcel Sacramento.

Boaz Solossa dkk mengakhiri babak pertama dengan skor 3-0.

Pada babak kedua, meski sudah unggul, Persipura tetap tampil menekan. Pada menit ke-58, striker tuan rumah Marcel Sacramento berhasil membobol gawang mantan klubnya.

Pemain yang dicoret Madura United usai piala Presiden ini usai mencetak gol dan langsung melakukan selebrasi yang berlebihan dan menujukan kebehatan kepada mantan klubnya.

Keunggulan tuan rumah dimanfaatkan Pelatih Peter Butler untuk memberikan waktu bermain kepada pemain muda.

Ronaldo Wanma dan Todd Fere masuk menggantikan Baoz Solossa dan Marcel Sacramento.

Tadd yang akan bertolak ke Jogjakarta bersama rekannya Gunansar Mandowen tidak menyiayiakan kesempatan pelatihnya.

Alhasil, pemain jebolan PPLP Papua ini berhasil menjebol gawang Hary Prasetyo untuk kelima kalinya pada menit ke-72. Todd Rivaldo menciptakan gol indah lewat sepakan keras dari luar kotak penalti. Dan gol penutup Persipura cetak oleh pemain pengganti Imanuel
Wanggai.

Pelatih Persipura, Peter Butler mengaku, anak asuhannya bermain dengan baik dan semua intruksi bisa diterapkan pemain di dalam lapangan.

Menurut Butler, pemain Persipura tampil percaya diri dan pemain mudah juga bermain sangat baik.

“Empat pemain mudah yang mendapat kesempatan bermain tampil luar biasa. Kita harus kasih mereka banyak kesempatan untuk bermain kedepan,” ujarnya.

Sementara Pelatih Madura, Milomir Seslija mengakui bahwa kekalahan timnya atas Persipura. Menurutnya timnya harus belajar dari kekalahan ini.

“Selamat untuk Persipura mereka bisa menang. Itulah sepak bola, ini jadi pelajaran bagi tim Madura United,” ujar Milomir saat konferensi pers di Stadion Mandala semalam.

Ia menilai timnya punya beberapa peluang membuat gol tapi semuanya gagal dan Persipura bisa manfaatkan tiga peluang untuk membuat tiga gol.

“Saya pikir Madura harus berjuang dengan keras kedepan. Kami akan evaluasi lagi. Tapi para pemain sudah menunjukkan yang terbaik. Sekarang saatnya fokus ke pertandingan selanjutnya,” ucapnya. (lam/dm)

LEAVE A REPLY