JAYAPURA (PT) – Asisten Bidang Perekonomian dan Kesra Sekda Papua, Noak Kapisa mengatakan, Pemerintah Provinsi Papua telah melakukan pemetaan kebutuhan dasar di Kabupaten Asmat untuk dilaporkan kepada Presiden RI Jokowi oleh Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo dalam waktu dekat.

“Kemarin sore sudah finalisasi masukan dari Bupati dan Provinsi Papua dibidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, infrastruktur serta soal kelembagaan,” kata Noak Kapisa.

Menurutnya, pemetaan di Kabupaten Asmat akan lebih banyak fokus pada bidang pendidikan, kesehatan dan perekonomian serta insfrastruktur terkait perhubungan.

“Secara garis besar sudah dilakukan pemetaan seperti ini untuk Asmat sehat, Asmat pintar, Asmat dan daulat ekonomi,” ujarnya.

Hasil pemetaan ini, lanjut Noak Kapisa akan dilaporkan kepada Penjabat Gubernur Papua untuk selanjutnya disampaikan kepada Presiden.

“Nanti pak Gubernur yang menyampaikan langsung ke Presiden, tetapi beliau sampaikan bahwa setelah hasilnya sudah rampung dalam waktu dekat akan segera dilaporkan bersama Bupati Asmat. Jika minggu ini sudah diterima pak Gubernur, kemungkinan minggu depan akan disampaikan ke Presiden,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Sosial Idrus Marham menerangkan pemerintah telah merancang program untuk memenuhi seluruh kebutuhan dasar dan mendesak masyarakat Asmat guna menghindari terjadinya kasus penyakit lain terulang.

“Secara konseptual pemerintah sudah buat prinsip-prinsip dasar setelah KLB berakhir. Pemerintah Pusat telah merencanakan program-program dalam satu konsep terpadu, menyeluruh, dan berkesinambungan. Makanya kami datang ke sini,” beber Idrus. (ing/dm)

LEAVE A REPLY