SENTANI (PT) – Dalam safari ramadhan Kabupaten Jayapura tahun 2018 diawali dengan Buka Bersama (Bukber) yang dilakukan Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro bersama Kapolres Jayapura, AKBP. Victor Dean Mackbon, SH, S.IK, MH di Pondok Pesantren Nurul Anwar Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (22/5/2018) yang dihadiri seluruh anak-anak Pondok Pesantren Nurul Anwar.

Ustadz Mansyur Al-Kahf selaku pimpinan Ponpes Nurul Anwar mengatakan, buka puasa bersama ini merupakan kegiatan rutin diadakan tiap tahun di bulan suci Ramadhan di Pondok Pesantren Nurul Anwar.

“Jadi, kegiatan buka puasa bersama ini sesungguhnya kegiatan rutin di Pondok Pesantren Nurul Anwar.
Selain buka puasa bersama, kita sekaligus mengadakan dzikir bersama. Yang mana, dzikir ini adalah wujud kepedulian kami untuk berdoa kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa, agar Allah senantiasa melimpahkan ampunan dan juga kasih sayang kepada kita. Sehingga senantiasa tercipta kedamaian serta keamanan di Kabupaten Jayapura,” ungkapnya.

Selain itu, Mansyur Al-Kahf mengucapkan terima kasih banyak kepada Wakil Bupati Jayapura dan Kapolres Jayapura beserta rombongannya yang telah bersilaturahmi dan sekaligus berbuka puasa bersama dengan warga dan anak-anak yang ada di Pondok Pesantren Nurul Anwar.

“Kami selaku pengurus pesantren Nurul Anwar mengucapkan banyak terima kasih kepada Wakil Bupati dan juga Kapolres yang telah datang bersilaturrahmi dan berbuka puasa bersama di pesantren kami,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro menjelaskan, dengan adanya buka puasa bersama di Pondok Pesatren Nurul Anwar ini bisa membawa kesadaran mereka dengan melakukan tindakan-tindakan yang baik dan akhlak yang mulia dengan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menurutnya, ketika ada persoalan-persoalan nasional cukup disana saja dan jangan sampai ada di Kabupaten Jayapura.

Untuk itu, Kabupaten Jayapura harus berani tampil beda dengan daerah yang lain. Artinya, agama Islam betul-betul dibawakan ke Rahmatan Lil Alamin (Rahmat Bagi Semesta Alam).

“Kita harus buat satu warna yang jelas dan juga kehidupan berbangsa yang jelas, bahwa kita bisa mengakui satu sama lain dan bisa hidup berdampingan bersama di Kabupaten Jayapura,” imbuh Wabup Giri.

Diakuinya, ketika Kabupaten Jayapura ingin menjadi satu daerah yang damai, maka ke depannya Kabupaten Jayapura akan mampu bersaing dengan kabupaten-kabupaten yang lain untuk lebih maju lagi bukan hanya di Papua saja bahkan diseluruh Indonesia.

Senada dengan itu, Kapolres Jayapura, AKBP. Victor Dean Mackbon mengungkapkan, pihaknya dengan Wakil Bupati beserta jajarannya juga ikut kegiatan berbuka puasa dan dzikir bersama di Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Anwar.

“Kegiatan buka puasa bersama ini merupakan rangkaian safari ramadhan, yang memang sudah menjadi agenda tahunan bagi seluruh jajaran OPD di lingkungan Pemkab Jayapura bersama unsur Forkompimda hadir ditengah-tengah tempat ibadah untuk bisa memberikan pesan-pesan kamtibmas,” pungkasnya. (tm/dm)

LEAVE A REPLY