SENTANI (PT) – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di Hotel Mercure Kebayoran Jakarta Pusat, Rabu (23/5/2018).

Bupati Mathius menerima penghargaan tersebut sebagai pengakuan atas prestasinya dalam hal penggratisan BPJS untuk masyarakat Kabupaten Jayapura.

“Ya, kita punya persoalan ini memang belum bisa menjangkau semua penduduk Kabupaten Jayapura dengan jaminan kesehatan, baik itu BPJS atau Kartu Indonesia Sehat (KIS). Namun diberbagai kesempatan, saya juga sudah terus bicara dengan teman-teman dari Dinas Kesehatan dsn RSUD Youwari dan pihak BPJS agar persoalan ini harus dituntaskan,” ungkap Bupati Mathius pada Rabu (23/5/2018).

Dalam penganugerahan tersebut, selain Kabupaten Jayapura, ada dua kabupaten di Provnsi Papua yang juga menerima penghargaan yang sama yaitu Kabupaten Mimika dan Kabupaten Keerom.

Penghargaan ini bukan akhir segalanya, justru ini adalah permulaan.

“Kami akan berusaha menggratiskan BPJS ini untuk seluruh masyarakat Kabupaten Jayapura dan kita berharap masyarakat di kabupaten ini tidak mengalami kesulitan terkait BPJS,” imbuhnya.

Mathius menambahkan, segera cari masalahnya, kenapa banyak data penduduk yang tidak terakomodir. Kenapa pada saat orang datang berobat terkadang tidak lancar pelayanan kesehatannya, sehingga banyak orang melakukan komplain.

“Nah, hal seperti ini akan menjadi perhatian sehingga ke depannya bisa ada perubahan-perubahan teknis dalam pelayanan di dalam rumah sakit itu sendiri. Memang kita harus bentuk tim, meskipun kita sudah dianggap berhasil karena mendapat penghargaan UHC ini,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Mathius berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi bersama-sama Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura.
Sehingga hasilnya dinilai oleh Pemerintah Pusat dan Kabupaten Jayapura dinyatakan layak diberikan penghargaan.

“Saya mengharapkan prestasi yang diraih nantinya akan memotivasi seluruh jajaran kepemerintahan untuk terus bekerjasama memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
Terlebih khusus mengabdikan diri kepada daerah Kabupaten Jayapura tercinta ini,” ujarnya.

Setelah mendapat penghargaan ini, Mathius mengingatkan, agar jangan bergembira secara berlebihan atau cepat merasa puas. Sebab, masih banyak tanggung jawab besar yang menunggu di depan mata harus diselesaikan.

“Kita tidak boleh larut atau euforia yang berlebihan, terus bangun tim kerja yang kuat dan solid,” terangnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Cabang Jayapura, Mathias Max Krey mengatakan, pihaknya berterima kasih dan memberi apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam hal ini Bupati Jayapura beserta seluruh jajaran, karena begitu perhatian besar kepada program JKN KIS di Kabupaten Jayapura.

“Luar biasa kesuksesan yang diperoleh Kabupaten Jayapura adalah kesuksesan kita semua,” katanya.

Acara penganugerahan ini dihadiri oleh Gubernur dari 4 Provinsi dan Bupati  dari 98 Kabupaten, serta Wali Kota dari 28 Kota. (ist/tm/dm)

LEAVE A REPLY