JAYAPURA (PT) – Dalam rangka menciptakan kamtibmas di wilayah hukum Polres Puncak Jaya lebih khusus menyikapi pelaksanaan pesta demokrasi yakni Pilgub Papua bulan Juni 2018 ini, Polres Puncak Jaya bakal membentuk Forum Komunikasi Terkait Keamanan (KOTEKA).

Rencana pembentukan forum Koteka ini langsung disikapi dengan menggelar rapat perencanaan yang dihadiri Kasdim 1714/PJ, Mayor Inf. Dwi Suejono, Kepala Kesbangpol, Agustinus Tumele, para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat serta tokoh perempuan Se-Kabupaten Puncak Jaya.

Sekedar diketahui, latar belakang terbentuknya forum ini dikarenakan situasi setelah konflik pilkada bupati Kabupaten Puncak Jaya sehingga kedepannya tetap terjaga keamanan yang kondusif pasca terjadi konflik pilkada lalu.

Menurut Kapolres Puncak Jaya, AKBP. A.F. Indra Napitupulu, S.IK mengatakan bahwa tujuan dibentuknya forum Koteka ini adalah agar Polri dalam penyelesaian konflik atau permasalahan sosial yang sering terjadi sehingga kepolisian dapat bekerjasama dengan para tokoh-tokoh yang ada di Puncak Jaya untuk membantu dan mendukung Polri dalam penyelesaian konflik yang terjadi.

Melalui forum ini, kata Kapolres diharapkan tokoh-tokoh masyarakat ikut terlibat membantu kepolisian dalam menghadapi gangguan kamtibmas atau permasalahan sosial yang terjadi di wilayah hukum Polres Puncak Jaya.

“Tujuan dibentuknya forum Koteka ini kepolisian yang dibantu oleh elemen masyarakat dapat cepat merespons informasi sebelum berkembang menjadi konflik sosial yang lebih besar,” jelas Kapolres.

Selain itu, lanjut Kapolres untuk mengajak masyarakat patuh dan taat terhadap hukum positif melalui dukungan para tokoh-tokoh yang dapat memberikan pemahaman hukum sehingga menciptakan kamtibmas yang aman. (jul/dm)

LEAVE A REPLY