SENTANI (PT) – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si mengaku bahwa kegiatan tanam cabai merupakan satu gerakan baru yang dilakukan oleh kepala kampung bersama dengan masyarakat petani.

Bahkan menurutnya, hal ini merupakan satu inisiatif yang luar biasa yakni ada satu semangat baru dan juga ada satu kesungguhan untuk masyarakat mau menanam cabai.

“Nah, ini perlu kita memberikan apresiasi dan kita harus memberikan tanggapan yang positif baik secara khusus kepada masyarakat maupun kepala kampung. Karena kepala kampung di Puay ini jarang bicara banyak, namun orangnya bekerja dengan bagus,” ungkap Bupati Awoitauw
disela-sela melakukan penanaman perdana cabai di lokasi kebun milik masyarakat petani yang merupakan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Igauw, Kampung Puay, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Melalui kegiatan ini, Bupati Awoitauw berharap kepada para petani agar jangan ada keraguan lagi untuk menanam cabai di lahan kebun petani di Kampung Puay.

“Orang yang mau maju harus seperti itu. Kalau kita mau maju harus berjuang dari hal yang tidak biasa dan berjuang dengan cara yang luar biasa. Kalau kita hanya kerja biasa-biasa saja, jangan berharap untuk kita mau maju. Jadi, ini satu contoh yang bagus untuk bagaimana kita bisa bergerak maju,” terangnya.

Bupati memberikan apresiasi kepada kepala kampung yang mempunyai inisiatif untuk mendorong masyarakat petani membuka lahan pertanian guna mengembangkan tanaman hortikultura.

“Saya harap apa yang sudah dimulai ini harus pegang itu. Ini lebih baik daripada beras maupun komiditi pertanian lainnya seperti sayur-sayuran atau buah-buahan, karena harga cabai ini mahal. Jadi, saya pikir kalian ambil keputusan yang tepat dan pasti memberikan hasil yang baik,” imbuhnya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura Adolf Yoku, SP, MM, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jayapura, Ir. Tasrief Thayeb serta masyarakat kampung setempat.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku, SP, MM menjelaskan, untuk mendukung penanaman perdana cabai di kebun milik masyarakat petani yang merupakan inisiatif dari Kepala Kampung Puay bersama masyarakat petani yang tergabung dalam Gapoktan Igauw ini.

Adolf Yoku menyebutkan bahwa Pemkab Jayapura mempunyai program terutama visi Bupati Jayapura di bidang ekonomi guna mensejahterakan perekonomian masyarakat.

Menurut Adolf, selama lahan pertanian petani ada yang ditanami jenis palawija maka pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura akan membantu namun yang akan dibantu adalah khusus tanaman pangan.

“Kami pemerintah berharap adanya kebun cabai ini, bisa menjadi sarana belajar dan juga bisa diaplikasikan oleh masyarakat setempat,” tandasnyam (tm/dm)

LEAVE A REPLY