SENTANI (PT) – Momentum peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Kabupaten Jayapura yang setiap tahun diperingati 5 Juni 2018 dimeriahkan dengan berbagai kegiatan perlombaan.

Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar berbagai kegiatan lomba yang berkaitan dengan lingkungan.

Seperti lomba kebersihan sekolah, lomba mewarnai dan lomba mendaur ulang sampah plastik yang diikuti anak sekolah mulai dari usia PAUD, TK, SD, SMP hingga SMA/SMK.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si mengatakan bahwa lomba menggambar dan mendaur ulang sampah plastik itu adalah bagian dari upaya meningkatkan kesadaran menjaga lingkungan.

“Dengan demikian ada pengetahuan mengenai lingkungan hidup yang dapat diterapkan pada sekolah-sekolah yang ada. Kita di Kabupaten Jayapura melalui beberapa sekolah telah menerapkan program Adiwiyata dengan harapan kedepan akan di terapkan pada semua sekolah yang ada di daerah ini,” ungkap Bupati Mathius Awoitauw dalam sambutannya pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2018 di Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura, Selasa (5/6/2018).

Bupati Mathius juga mengharapkan kepada semua pihak di Kabupaten Jayapura, terutama pihak berkompeten untuk terus meningkatkan program Adiwiyata guna menjaga lingkungan dan alam sekitar dari ancaman global kerusakan hutan.

Mathius Awoitauw mengatakan, menjaga lingkungan dari ancaman kerusakan akibat sampah menjadi suatu tindakan dan aksi bersama dari seluruh komponen masyarakat, untuk menyelamatkan lingkungan demi keberlangsungan kehidupan generasi berikutnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Kabupaten Jayapura, Marshall Suebu menerangkan, lomba menggambar dan mendaur ulang sampah plastik ini dilakukan sebagai bentuk motivasi bagi para pelajar untuk meningkatkan kemampuan dan sebagai bentuk mencintai lingkungan.

“Kami berharap kegiatan perlombaan ini dapat menjadi suatu dorongan bagi sekolah-sekolah di daerah ini, untuk ikut terlibat dalam menjaga lingkungan di masing-masing sekolahnya,” imbuhnya.

Marshall juga mengimbau agar semua sekolah dapat memberikan dukungan dan mengambil bagian dalam kegiatan seperti ini di waktu-waktu mendatang. Supaya program Adiwiyata di Kabupaten Jayapura ini benar-benar meningkat dan memberikan manfaat. (tm/dm)

LEAVE A REPLY