JAYAPURA (PT) – Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) pada 29 Juni lalu, Satuan Tugas (Satgas) Yonif Para Raider 501/Kostrad menggelar acara pengobatan gratis kepada masyarakat di Kampung Gambut, Koya Barat, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Selasa (3/7/2018).

Pengobatan gratis ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas kesehatan masyarakat. Karena berdasarkan hasil survey tim kesehatan Satgas, didapati informasi ada satu kampung yang kualitas kesehatannya kurang baik dan masih membutuhkan bantuan.

Dansatgas Yonif Para Raider 501/Kostrad, Letkol Inf. Eko Antoni Chandra memerintahkan kepada seluruh jajarannya agar selalu peka dan peduli terhadap masalah kesehatan masyarakat yang berada di sekitar pos masin masing.

Diakuinya, karena kepedulian terhadap masyarakat merupakan salah satu faktor yang menunjang keberhasilan di daerah penugasan.

“Tim kesehatan Satgas memberikan pengobatan kepada 348 orang pasien adapun penyakit yang diderita oleh warga antara lain gatal–gatal, penyakit kulit, panas dingin, batuk lendir, gout atritis, hipertensi, Ispa (Infeksi Saluran Pernafasan), penyakit gula, asam urat,” terang Dansatgas Eko Antoni Chandra.

Setelah melaksanakan pemeriksaan ada beberapa pasien yang memerlukan penanganan khusus sehingga tim kesehatan Satgas menyarankan agar langsung dirujuk ke klinik atau Puskesmas Koya Barat agar segera mendapatkan penanganan khusus.

Sementara salah seorang warga bernama Pemiron Gire memberikan apresiasi yang tinggi dan menyampaikan terimakasih kepada Satgas telah peduli terhadap kesehatan warga Kampung Gambut ini.

“Kendala yang sering dihadapi masyarakat Kampung Gambut adalah jarak yang harus ditempuh untuk menuju puskesmas sangat jauh. Kemudian tidak ada akses kendaraan menuju ke puskesmas tersebut, sehingga banyak dari warga yang membiarkan penyakitnya sampai sembuh dengan sendirinya. (jul/dm)

LEAVE A REPLY