JAYAPURA (PT) – Gotong-royong merupakan sikap hidup, cara kerja dan kebiasaan yang sudah dikenal bangsa Indonesia secara turun-temurun sejak zaman dahulu.

Dalam gotong-royong, orang menyelesaikan suatu kegiatan secara bersama-sama dengan saling berbagi tugas dan saling tolong-menolong serta menjunjung tinggi kebersamaan dalam kehidupan sehari-hari.

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke-102 Kodim 1709/Yawa tahun 2018, budaya gotong-royong muncul kembali ditengah-tengah masyarakat Kampung Cina Tua, Distrik Yapen Selatan, Kabupaten Kepulauan Yapen yang merupakan salah satu lokasi sasaran fisik TMMD yaitu pembangunan rumah warga tak mampu.

Dansatgas TMMD, Mayor. A. H. Widagdo mengatakan, prajurit Satgas TMMD bersama masyarakat kampung Cina Tua senantiasa bergotong royong dan bahu membahu dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Hal ini merupakan salah satu contoh tauladan bagi seluruh masyarakat baik yang ada di Kabupaten Kepulauan Yapen Maupun yang ada di Kabupaten lainya.

“Masyarakat sangat antusias membantu satgas TMMD dalam menyelesaikan misinya membangun rumah warga. Sejak program TMMD dimulai, masyarakat sukarela turun kelapangan untuk membantu TNI,” ujar Dan Satgas TMMD Mayor A. H. Widagdo (jul/dm)

LEAVE A REPLY