JAYAPURA (PT) – Kepala Unit (Kanit) Pertanian Binmas Noken Polri, Iptu. Maruf Suroto, didampingi sembilan anggotanya mengunjungi lahan pertanian masyarakat Wamena, binaan Binmas Noken Polri dan sekaligus memberikan pelatihan cara bercocok tanam yang benar di Kampung Honailama Dua, Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Sabtu (21/7/2018).

Saat dikofirmasi terkait dengan kegiatan Binmas Noken Polri tersebut, Kanit Pertanian, Ipda Maruf Suroto menjelaskan, kehadirannya untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat Jayawijaya terkait dengan cara bercocok tanam yang benar sehingga nantinya, hasil panen yang didapatkan lebih maksimal.

“Kami tidak hanya memberikan materi, namun kami juga mengajak masyarakat untuk melakukan praktek secara langsung bagaimana cara bercocok tanam yang benar. Pada pelatihan dan praktek kali ini, kami mencoba bersama masyarakat menanam bibit jagung manis dan bibit semangka,” jelasnya.

Ia mengaku bahwa pihaknya memberikan pelatihan di Kampung Honai Lama, namun Kampung Yagara juga didatangi karena Riki yang berasal dari Kampung Yagara sudah menyiapkan lahan yang telah diolah, namun minimnya pendampingan.

Diakuinya, dengan semangat dan kemauan kerja yang luar biasa mereka dengan serius mengikuti palatihan yang diberikan.

Ia mengajak warga lebih peduli dari hal terkecil dan sepele dengan membuang sampah pada tempatnya, demi keberlangsungan hidup dan masa depan.

Selain dari pelatihan cara bercocok tanam tersebut, Tim Binmas Noken Polri juga mencoba alat industri manual pengupas kopi di kampung yagara dan hasilnya sangat luar biasa.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Tim Binmas Noken Polri juga melakukan kegiatan Polisi Pi ajar di sekolah, dalam kegiatan tersebut tampak wajah cerah dan penuh gembira dari anak-anak sambil bermain dan mendongeng.

“Kami juga memberikan oleh-oleh berupa bulu Kasuari yang dibawah dari Merauke kepada Maximus Lany untuk dimanfaatkan sebagai kelengkapan adat/budaya. Dan kepada anak-anak, juga kami memberikan bantuan olaraga,” tutup Ipda Maruf Suroto. (jul/dm)

LEAVE A REPLY