JAYAPURA (PT) – Ketua Komisi I DPR Papua, Tan Wie Long menyoroti kaburnya narapida dari Lapas Narkotika Doyo, Kabupaten Jayapura pada Minggu (22/7/2018).

Ia menduga, kaburnya napi tersebut lantaran kelalaian dari petugas karena kejadian serupa bukan baru terjadi tapi sudah berulangkali.

“Ini tentunya perlu menjadi perhatian yang sangat serius dari Kanwil Kemenkumham untuk melihat kinerja petugas yang ada di Lapas,” ungkap Tan Wie Long kepada wartawan di Kantor DPR Papua, Selasa (24/7/2018).

Menurutnya, kondisi Lapas di Papua saat ini harus menjadi perhatian serius mengingat peristiwa kaburnya napi sudah sering terjadi.

“Ini merupakan masalah yang tidak bisa di abaikan,” katanya lagi.

“Kaburnya para napi kali ini sangat spektakuler, karena yang kabur bukan jumlah yang sedikit tapi 31 napi berhasil kabur dari Lapas. Ini kan persoalan yang betul-betul tidak bisa kita abaikan,” ujarnya menambahkan.

“Mungkin perlu mengevaluasi mekanisme atau sistem tentang lembaga pemasyarakatan yang dipercayakan kepada petugas-petugas sipir. Protapnya seperti apa, dan SOPnya seperti apa,” ucapnya lagi. (ara/dm)

LEAVE A REPLY