Siap Bangun Satu Skuadron Udara

SENTANI (PT) – Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI. Yuyu Sutisna, SE, MM tiba di Jayapura, Papua, Selasa (24/7/2018).

Kasau mengaku kedatangannya ke Jayapura dalam rangka melakukan survei guna membangun satu skuadron udara di Lanud Jayapura.

“TNI AU akan membangun satu Skadron Udara (Skadud) baru di Lanud Jayapura.
Skadron udara tersebut rencananya akan ditempatkan di Lanud Jayapura yakni Skadron Udara (Skadud) 9 (Helikopter),” ungkapnya kepada wartawan sesaat tiba di Bandara Sentani.

Kasau juga mengakui akan lenih dulu survei di Lanud Jayapura.

“Insha Allah besok (hari ini) kita masih survei apakah yang tepatnya nanti ditempatkan di Jayapura atau mungkin di Biak. Karena kita ketahui bahwa Mako dari Koopsau AU III itu berada di Biak,” terangnya.

Hadir dalam acara penjemputan KASAU tersebut, Pj. Gubernur Papua, Soedarmo, Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro, Kapolda Papua, Irjen Pol. Boy Rafli Amar, Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjend TNI. George Elnadus Supit, Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri dan para pejabat baik di lingkup Pemprov Papua maupun Pemkab Jayapura.

“Mudah-mudahan (skadron 9) bisa ditempatkan disini, sehingga bisa mengcover pemerintah daerah baik itu kegiatan dari Gubernur maupun kegiatan Pangdam dan pak Kapolda. Jadi satu Skadron helikopter akan dibangun disini. namun ini masih dalam pengkajian dan mana yang paling tepat. Yang jelas, akan saya tempatkan di wilayah timur Indonesia,” tuturnya.

Kasau juga mengatakan bahwa akan ada perubahan tipe Lanud dari tipe B yang berpangkat Kolonel menjadi tipe A berpangkat Marsekal Pertama.

Kemudian akan ada pergantian nama dari Lanud Jayapura menjadi nama pahlawan Silas Papare.

“Saya akan mengganti tipe Lanud Jayapura ini yang sebelumnya berpangkat Kolonel menjadi Perwira Tinggi Bintang Satu, Marsekal Pertama Tri Bowo yang sebelumnya adalah Pangkosek Hanudnas III Medan. Dan juga melakukan pergantian nama dari Lanud Jayapura menjadi Silas Papare. Besok siang saya juga akan ke Biak dalam rangka melihat lokasi pembangunan Markas Oprasi Lanud Biak serta meresmikan perubahannya dari tipe B menjadi tipe A,” imbuhnya.

Selain itu, Kasau menyampaikan bahwa dirinya akan meninjau lokasi pembangunan Eye Center (Rumah Sakit Mata).

“Saya juga akan melihat lokasi rencana dibangunnya Eye Center. Jadi, rumah sakit mata yang merupakan kerjasama antara TNI dengan salah satu yayasan. Nah, sekarang sedang digodok MoU nya dan nanti PKS nya antar angkatan dengan yayasan tersebut,” ucapnya.

Selain itu, Kasau juga akan meresmikan Taman Kanak-kanak (TK) Angkasa yang berada di Lanud Jayapura. (tm/dm)

LEAVE A REPLY