JAYAPURA (PT) – Dalam rangka mengecek langsung pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Paniai, Rabu (25/62018), Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo bakal terbang ke Paniai.

Ia berharap masyarakat Paniai dapat menggunakan hak pilihnya pada pilkada Paniai, minimal presentase pemilih sama dengan Pilgub Papua yakni mencapai 84 persen.

“Kalau presentase di Paniai sangat tinggi berarti itu sangat luar biasa, walaupun dalam prosesnya ada persoalan-persoalan yang terjadi sampai kemudian hanya ditetapkan dua pasangan calon,” ungkapnya kepada wartawan di Gedung Negara, Selasa (24/7/2018).

Dirinya berharap adanya keputusan penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan bertarung di Pilkada Paniai dapat diikuti oleh seluruh pasangan calon yang memang sudah memenuhi syarat.

“Silahkan ikut, tapi bagi pasangan yang sudah ditetapkan tidak memenuhi syarat harus menerima dengan lapang data,” sambungnya.

“Besok saya bersama Kapolda dan Pangdam XVII/Cenderawasih akan mengecek pelaksanaan Pilkada Paniai,” kata lagi.

Ia menekankan, masyarakat Paniai harus bisa memilih satu diantara dua pasangan calon yang dinilai pantas memimpin Kabupaten Paniai lima tahun kedepan.

“Kalau memang selama ini ada pasangan calon yang tidak sesuai dengan harapan ya tidak usah di pilih, tidak perlu melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan kepentingan umum. Saya minta masyarakat bisa paham akan ini, terima yang sudah ada karena ini sudah aturan,” kata Soedarmo.

Dia menambahkan, aparat keamanan juga memiliki kewenangan untuk memberi pengamanan cukup kuat di Pilkada Paniai agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Jangan saling menyalahkan antara satu dengan yang lain. Silahkan jalani tupoksi masing-masing dengan maksimal, itu yang terpenting. Saya tidak setuju kalau KPU menyalahkan aparat keamanan, jangan KPU cari-cari kesalahan orang lain,” tegasnya.

Secara terpisah, Ketua KPU Papua, Theodorus Kosay mengaku optimistis semua logistik tiba tepat waktu di 23 distrik, sehingga jawal pungut hitung 25 Juli 2018 bisa terlaksana sesuai jadwal.

“Hari ini distribusi logistik serentak dilakukan dengan harapan pelaksanan pencoblosan hingga penghitungan bisa berjalan aman dan lancar,” pungkasnya. (ing/dm)

LEAVE A REPLY