SENTANI (PT) – Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) akan menambah titik-titik akses internet yang saat ini hanya ada di 14 distrik.

Diskominfo tahun ini akan menambahkan enam titik untuk akses internet yang di lima distrik dan satu kampung/kelurahan di Kabupaten Jayapura.

Enam titik yang bisa diakses layanan internet nantinya yaitu Distrik Airu, Distrik Yapsi, Distrik Gresi Selatan (Gresela), Distrik Unurum Guay, Distrik Kaureh serta satu titik masing-masing di Kelurahan Tabri dan Kampung Yokiwa.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Kabupaten Jayapura, Ir. H. Sambodo Samiyana, M.Si mengatakan bahwa layanan akses internet ini merupakan salah satu upaya Pemkab Jayapura untuk mewujudkan akses informasi yang lebih cepat dan terbuka.

“Bahkan khusus untuk tahun 2018 ini, kita ada tambah enam titik akses internet untuk distrik, dan secara akumulasi sebenarnya semua distrik di Kabupaten Jayapura ini sudah terpasang akses internetnya. Karena tahun 2017 lalu, kita sudah tambah 10 titik di distrik dan tahun lalu juga kita menggunakan jaringan VSAT yang umum (biasa) dengan harga yang cukup mahal,” terangnya di Kantor Diskominfo Kabupaten Jayapura, Kamis (26/7/2018).

Selain itu juga, lanjutnya, penambahan akses internet di enam titik ini dalam rangka pihaknya menunjang kebijakan Bupati Jayapura untuk menjadikan distrik sebagai pusat data, pusat pemberdayaan dan pusat perhatian.

Diakuinya, dengan terpasangnya mango screen ini, nantinya di distrik sudah ada akses internet dan juga akses IPTV.

“Supaya mereka bisa nonton tv disitu dan secara bertahap kita juga akan pasangkan absen online di tempat mereka. Kemudian mereka bisa mengakses aplikasi SIMDA dan e-planning maupun aplikasi-aplikasi lain yang ada di kabupaten. Selanjutnya kita akan buat satu jalur khusus yang private dan secure agar bisa terlindungi dari yang lain-lain,” pungkasnya. (tm/dm)

LEAVE A REPLY