JAYAPURA (PT) – Komisi II DPR Papua yang membidangi masalah perekonomian menyambut positif rencana digelarnya Festival Kopi Papua oleh Bank Indonesia, pada 3-4 Agustus 2018.

“Kami menyambut positif karena untuk memperkenalkan kopi Papua,“ kata anggota Komisi II DPR Papua, Mustakim HR kepada sejumlah wartawan,  Kamis (26/7/2018).

Sesungguhnya, kata Mustakim, Kopi Papua ini sudah dikenal selama ini dan tidak kalah dengan kopi yang ada di luar Papua yang selama ini dikenal, bahkan kualitas dan citarasanya sudah dikenal penikmat kopi dunia.

Mustakim menjelaskan, kopi jenis Arabica dari Wamena atau dikenal Kopi Baliem, kopi Amungme, Kopi Monamani dan lainnya tumbuh diatas dataran tinggi, tanpa menggunakan pupuk an organik sehingga tentu saja kualitasnya sangat tinggi.

“Kopi kita yang Arabika dari Wamena itu lebih nikmat dan mutunya juga jauh lebih baik dari pada kopi Arabika yang ada di Tanah Toraja,“ jelasnya.

Hanya saja, lanjut Mustakim, selama ini kurang promosinya, sehingga banyak orang yang belum mengenal tentang kopi Papua ini.

Oleh karena itu, kata Mustakim, dengan adanya festival Kopi Papua itu diharapkan akan lebih memperkenalkan produk Kopi Papua kepada masyarakat luas. (ara/dm)

LEAVE A REPLY