JAYAPURA (PT) – Dalam mengisi kegiatan non fisik TMMD ke-102 Kodim 1709/Yawa menggelar lomba Matematika Bela Negara di SD Negeri Cina Tua, Kabupaten Kepulauan Yapen yang diikuti oleh sekitar 160 orang siswa dan siswi kelas 6 dan 5 Sabtu (28/7/2018).

Kegiatan ini mendapat sambutan yang sangat baik tak hanya dari para siswa saja tetapi juga dari guru hingga kepala sekolah SD Negeri Cina Tua, karena lomba Matematika Bela Negara masih terdengar asing.

Lomba Matematika Bela Negara ini sangat antusias diikuti oleh para siswa, karena lomba Matematika Bela Negara ini hampir sama seperti permainan monopoli dan ular tangga.

Namun yang membedakan permainan ini ada unsur matematika di dalamnya seperti, penambahan pengurangan, perkalian dan pembagian dari hasil buah dadu yang di lemparkan.

Selain itu, para pemain juga harus menjawab pertanyaan seputar pengetahuan Bela Negara, Nusantara, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, Pancasila serta soal tentang sejarah perjuangan Bangsa Indonesia.

Kepala Sekolah SD Negeri Cina Tua, La Puardi S.Pd mengatakan bahwa lomba Matematika Bela Negara dalam rangka TMMD ke-102 Kodim 1709/Yawa ini sangat di minati oleh anak-anak, karena didalamnya mereka bisa bermain dan belajar, terlebih penting lagi dengan permainan ini bisa selalu menumbuhkan kecintaan kepada negara dengan pengetahuan wawasan kebangsaan yang dilombakan didalamnya.

ā€œDiharapkan melalui permainan ini bisa menumbuhkan rasa bela negara dan cinta tanah air di kalangan generasi muda agar bisa hidup berdampingan dengan rukun dan sesuai dengan norma pancasila serta norma ke-Bhineka Tunggal Ika-an, ditengah gencarnya budaya asing yang masuk ke Indonesia,” katanya.

Pada sesi akhir dari lomba yang digelar tersebut, dilaksanakan juga pembagian hadiah dan perwakilan guru kepada pemenang juara 1, 2 dan 3 yang menambah meriah suasana di SD Negeri Cina Tua. (jul)

LEAVE A REPLY