JAYAPURA (PT) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Papua menyayangkan sampai saat ini penggunaan website belum dimaksimalkan dengan baik oleh Organisasi Perangkar Daerah (OPD).

Kepala Dinas Kominfo Papua Kansiana Salle mengaku, keberadaan ini website ini sangat mendukung kegiatan OPD baik untuk promosi sekaligus mengenalkan OPD kepada dunia luar.

“Kalau di provinsi lain website ini sudah dipakai oleh OPD untuk mempromosikan organisasi atau daerahnya. Misalnya instansi yang berhubungan dengan kepariwisataan, nah melalui website instansinya, mereka mempromosikan daerah potensial yang dengan harapan nantinya dikunjungi wisatawan,” ungkapnya.

Ia menyebut dari hasil evaluasi yang dilakukan instansinya, sebagian besar website yang dikembangkan organisasi perangkat daerah (OPD), terlihat masih belum sesuai harapan.

Oleh sebab itu, perlu segera dilakukan perbaikan dan hal terkait lainnya, sehingga tugas publikasi dan penyampaian informasi kepada publik dapat disajikan secara baik, menarik dan sebagaimana mestinya.

“Memang perlu banyak perbaikan sebab dari segi tampilan saja butuh penanganan yang lebih baik. Belum lagi dari segi ketersediaan data yang masih belum maksimal disajikan sehingga harus dievaluasi oleh masing-masing OPD,” kata Kansiana.

Dikatakan, website merupakan sarana yang paling komplit dan efektif dalam memperkenalkan atau mempublikasikan suatu organisasi, berikut seluruh kegiatan maupun aktivitas yang dikerjakan oleh masing-masing OPD.

Senada dengan itu, Anggota Komisi Informasi Papua, Joel Wanda mendorong seluruh badan publik atau OPD di provinsi, agar memaksimalkan website yang ada, guna menunjang keterbukaan informasi publik di Papua.

“Sebab website ini sudah dijadikan sebagai sarana untuk mempublikasikan aktivitas dan kinerja suatu organisasi kepada publik,” terangnya.

“Kami juga mendorong supaya OPD memfungsikan dengan maksimal Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang ada di instansinya. Sebab PPID pun dapat difungsikan untuk mengelola website yang ada di masing-masing instansinya,” tandasnya. (ing)

LEAVE A REPLY