SENTANI (PT) – Lembaga Missi Reclasseering-Republik Indonesia (LMR-RI) Komando Wilayah Papua terus menunjukan karya nyatanya di tengah-tengah masyarakat melalui kerja bakti sosial melalui sejumlah jenis kegiatan yang kesemuanya memberikan manfaat bagi masyarakat.

Salah satu kegiatan bakti sosial dimasyarakat yang dilakukan oleh LMR-RI Wilayah Papua adalah membersihkan semua sampah-sampah yang menyumbat saluran-saluran air berupa parit di sepanjang jalan protokol Kota Sentani.

Bakti Sosial LMR-RI Papua tersebut berlangsung, Rabu (01/7) sore yang diikuti oleh puluhan anggota LMR-RI Wilayah Papua.

Dampak dari pembersihan yang dilakukan, maka aliran air yang sering menyumbat dan menimbulkan air meluap ke jalan telah diatasi.

Komandan LMR-RI Wilayah Papua, Imam Syafe’i, SE disela-sela bakti sosial mengatakan, pihaknya selaku organsisasi yang lahir dari masyarakat maka tentu LMR-RI juga akan berkarya terus bagi masyarakat.

Salah karya nyata adalah terlibat dalam menjaga kebersihan Kota Sentani.

“Menjaga kebersihan dan keindahan Kota Sentani bukan saja menjadi tanggungjawab pemerintah tetapi sebenarnya menjadi tanggungjawab bersama. Baik pemerintah, masyarakat umum tetapi juga kelompok-kelompok pemerhati lingkungan,” ungkapnya.

Dikatakan, sampah ada sebuah masalah yang sangat kompleks yang sering ditemui dimana-mana termasuk di Kota Sentani.

Namun, sampah di Kota Sentani harusnya ditengani secara baik supaya kelak tidak menjadi permasalah yang serius.

Menurutnya, jika semua pihak ikut bertanggungjawab dalam menyelesaikan permasalahan sampah maka dipastikan Kota Sentani akan terhindar dari persoalan sampah.

Tetapi, dibutuhkan kesadaran dari semua warga di Kota Sentani, terutama kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya.

“Kami juga menyampaikan supaya warga Kota Sentani dapat membuang sampah pada tempatnya. Kesadaran itu, harus terbangun dengan sendirinya bukan karena adanya paksaan supaya keindahan dan kebersihan kota dapat terjaga,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidan Lingkungan Hidup pada Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Jayapura, Alberto Marbase yang turut memantau bakti sosial LMR-RI Papua mengatakan, tindakan yang dilakukan oleh LMR-RI Papua membersihkan parit-parit di Kota Sentani adalah sebuah tindakan terpuji yang patut di contohi oleh semua komponen masyarakat.

“Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada LMR-RI Papua yang mana telah berinisatif melakukan pembersihan parit-parit sepanjang jalan dari sampah-sampah.

Dengan adanya pembersihan tersebut, maka disaat musim hujan genangan air yang sering mengenangi jalan raya akan teratasi.

Marbase menyatakan, pihaknya berencana kedepan akan melakukan kerjasama dengan LMR-RI Papua untuk menangani kebersihan dan keindahan Kota Sentani.

Kerjasama tersebut, diharapkan dapat diterima oleh LMR-RI Papua supaya ada sinergitas dalam penanganan permasalahan sampah di daerah ini.

“Kami juga mengharapkan supaya ada dukungan dari kelompok atau organisasi lainnya dapat berkarya seperti apa yang di lakukan LMR-RI Papua supaya keindahan dan kebersihan di daerah ini tetap terjaga dan terpelihara dengan baik,” ungkapnya. ™

LEAVE A REPLY