JAYAPURA (PT) – Festival Cross Border Jayapura merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara, khususnya yang berasal dari negara tetangga yang berbatasan darat dengan Indonesia yaitu Papua Nugini (PNG).

Kegiatan festival ini merupakan agenda tahunan yang digelar oleh Kementrian Parawisata dan diselenggarakan terpusat di Lapangan Skouw Jayapura Papua, Selasa (7/8/2018).

Dalam kesempatan ini Satgas Yonif 121/MK yang bertugas sebagai pasukan pengamanan batas negara yang sedang bertugas di Papua turut memeriahkan agenda tahunan ini dengan menampilkan pagelaran musik Band Macan Kumbang serta tarian tradisional khas Batak yang dikolaborasikan dengan tarian khas Papua yang dimainkan sendiri oleh personel Satgas Yonif 121/MK.

Tarian kolaborasi ini merupakan tarian tortor Batak yang digabungkan dan dipadukan dengan tarian khas Papua yang diiringi musik Gondang Batak.

Selain itu, prajurit Satgas memamerkan hasil kerajinan tangan yang dibuat langsung oleh para personel Satgas berupa busur panah dan lukisan yang terbuat dari kulit telur.

Bukan hanya itu, ramainya pengunjung yang datang baik dari dalam negri maupun dari negara tetangga yaitu Papua Nugini.

Mereka semua tampak antusias mendatangi Festival Cross Border di tambah dengan melihat pakaian, aksesoris, dan kerajinan Papua. (jul)

LEAVE A REPLY