JAYAPURA (PT) – Pj. Gubernur Papua, Soedarmo secara resmi membuka Festival Budaya Lembah Baliem ke-29, Selasa (7/8/2018) di Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Pj. Gubernur Papua, Soedarmo mengatakan, tanah Papua dengan keindahan alam yang beraneka ragam dan unik, bagaikan surga kecil jatuh ke bumi.

Wamena, Kabupaten Jayawijaya memiliki panorama yang indah, sehingga kita bisa menikmati keunikan seni budaya Papua lewat Festival Budaya Lembah Baliem.

“Melalui festival ini diharapkan semua potensi yang Tuhan berikan bagi daerah ini dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan baik untuk peningkatan ekonomo dan kesejahteraan hidup masyarakat,” ungkapnya.

Ia juga berharap Festival Budaya Lembah Baliem tahun ini dapat dijadikan sebagi momentum untuk menggali dan mengembangkan nilai-nilai lehur seni budaya masyarakat Jayawijaya

Selain itu, diharapkan kepada seluruh masyarakat setiap generasi untuk merekatkan rasa persatuandan kesatuan suku-suku bangsa, etnik budaya Papua guna mendorong semangat, kreatifitas, inovasi seni dan budaya yang tentunya dapat mendorong tumbuhnya jati diri masyarakat untuk sejajar dengan masyarakat lainnya.

“Wamena dijadikan dijadikan sebagai kota tujuan/destinasi pariwisata nasional dan Internasional,” imbuhnya.

Diakuinya, pelaksanaan festival ini sangat tepat sebagai upaya pengembangan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya ekonomi kreatif yang bertumpu pada pola keselarasan dan keserasian, sehingga masyarakat kecil berkesempatan memproduksi hasil karya seni dan budayanya.

“Festival Budaya Lembah Baliem ini diharapkan memberikan kontribusi positif, khususnya peningkatan masyarakat dan para pelaku seni dan budaya di daerah ini. Sehingga keterlibatannya dapat bermanfaat dalam pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif Kabupaten Jayawijaya dan Provinsi Papua kedepan,” tandas Gubernur. (ist/dm)

LEAVE A REPLY