JAYAPURA (PT) – Sekda Kabupaten Tolikara, Panus Kogoya mengatakan, dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke e73 di Tolikara, Pemkab Tolikara bakal mempersiapkan cabang olahraga Paralayang untuk menghiasi perayaan HUT Kemerdekaan RI.

Diakui Sekda bahwa perlombaan Paralayang selalu mengundang peserta dari berbagai daerah di Indonesia untuk datang ke Kabupaten Tolikara.

“Setiap tahun dalam rangka HUT Kemerdekaan RI di Tolikara sering dilakukan lomba Paralayang, apalagi tahun ini dalam rangka memantapkan tuan rumah PON XX tahun 2020 di Papua,” ungkapnya.

Dikatakan, semua fasilitas yang diperuntukan untuk Prapon dan PON Paralayang di Tolikara sudah dibangun.

Termasuk sudah membangun fasilitas take off dan landing serta fasilitas lainya masih sementara pembangunan.

Tidak hanya itu, perlombaan Paralayang dan perlombaan seni budaya daerah untuk memperkenalkan Kabupaten tolikara ke nasional dan internasional juga dilakukan.

“Nantinya orang akan banyak datang dan tentunya ini meningkatkan ekonomi serta kemajuan daerah ini akan lebih baik kedepan,” imbuhnya.

Sementara itu, peserta Paralayang, Imam mengungkapkan, Paralayang ini olahraga yang bemain dengan alam dan sangat menantang.

“Kondisi tantangan dengan alam, kalau memang dengan cuaca dan angin kencang kita stop tapi kalo angin mendukung kita lanjut,” katanya.

Ditambahnya, di Kabupaten tolikara peluang bagus untuk pariwisata dan juga Paralayang sangat bagus sekali. (ai/dm)

LEAVE A REPLY