JAYAPURA (PT) – Koordinator Seksi Perlengkapan dan Dekorasi Panitia HUT Kemerdekaan RI ke-73 Provinsi Papua, Djuli Mambaya mengaku, kesiapan lokasi pelaksanaan upacara di Stadioan Mandala Jayapura telah mencapai 99 persen.

“Yang pasti, kita sudah siap. Tinggal nanti satu hari sebelum pelaksanaan kita pasang kursi. Intinya saya pastikan semua dekorasi sehari sebelum pelaksanaan sudah siap. Apalagi Pj. Gubernur Soedarmo sudah datang melihat dan mengapresiasi langkah-langkah kita. Karena kita sudah siap semua sehingga tim Paskibra bisa memakai stadion untuk gladi kotor dan bersih. Sound sistem dan listrik juga sudah dicoba dan tidak ada masalah lagi,” jelasnya kepada wartawan, Rabu (15/8/2018).

Diakuinya, pihaknya bersama tim sudah melakukan pengecetan, pembersihan lokasi serta pemasangan umbul-umbul.

“Umbul-umbul bahkan kita pasang mulai dari bandara sampai kota. Juga beberapa wilayah atau tempat yang kita laksanakan hari ulang tahun dipasangkan umbul-umbul,” katanya.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Papua bakal memasang baliho raksasa berukuran 40×15 meter untuk menyemarakan suasana peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 pada 17 Agustus 2018 di Stadion Mandala Jayapura.

Menurutnya, baliho raksasa ini akan dipasang di gedung Kantor Koni Papua yang baru di Stadion Mandala.

“Baliho kemungkinan kita pasang secepatnya mengingat waktu dan karena ukurannya yang sangat besar. Saya bahkan mengusulkan baliho ini masuk dalam rekor Muri, namun sudah ada yang terbesar di Batam pada 2010 dengan ukuran 10×100 meter,” imbuhnya.

“Tapi saya ada usul lagi bahwa ada 45 anak tangga yang akan dilalui pembawa baki bendera merah putih ke rekor Muri. Tapi belum ada jawaban sampai saat ini. Kita harap ada rekor-rekor yang dicapai pada peringatan HUT kemerdekaan tahun ini,” terangnya.

Dia berharap pada upacara peringatan 17 Agustus 2018 nanti, masyarakat dan peserta yang datang dapat menjaga keamanan dan kebersihan dimana dirinya berada.

Sebab fasilitas stadion tersebut akan dipergunakan untuk pertandingan sepakbola tim kesayangan Persipura Jayapura, serta iven penting kenegaraan lainnya. (ing/dm)

LEAVE A REPLY